Qatar Mengeluh kepada DK PBB Setelah Jet Tempur UEA Memasuki Wilayah Udaranya

654

Moslemtoday.com : Qatar telah mengajukan keluhan kepada Dewan Keamanan PBB setelah pesawat Uni Emirat Arab melanggar wilayah udaranya.

Dalam sebuah surat kepada Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Qatar mengatakan bahwa sebuah jet tempur UEA telah memasuki wilayah udara Qatar  yang merupakan pelanggaran mencolok terhadap kedaulatan dan integritas teritorialnya.

Surat tersebut juga menyatakan bahwa pelanggaran tersebut melanggar hukum internasional, dan merupakan tindakan tidak bertanggung jawab dan provokatif oleh UEA terhadap Qatar.

Perwakilan Qatar ke PBB, Alia Ahmed bin Saif Al Thani, mengatakan bahwa pelanggaran tersebut terjadi pada 21 Desember lalu dan berlangsung selama satu menit di ketinggian 33.000 kaki di atas zona ekonomi eksklusif Qatar.

Al Thani mengatakan bahwa Qatar akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan perbatasan, wilayah udara dan keamanan nasionalnya untuk mempertahankan hak kedaulatannya yang sah sesuai dengan undang-undang internasional.

Pada awal Juni, Arab Saudi, UEA, Mesir dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar. Kuartet Arab tersebut juga memberlakukan blokade ekonomi terhadap Qatar sampai Qatar mau menerima daftar tuntutan Teluk.

Namun Qatar terus menolak untuk memenuhi tuntutan tersebut, yang salah satu tuntutannya adalah menutup saluran TV Al Jazeera. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here