Qatar Panggil Dunia Internasional Paksa Israel untuk Hapus Program Nuklirnya

1149

Moslemtoday.com : Qatar menekankan perlunya penghapusan penggunaan senjata nuklir di Timur Tengah. Ia pun menegaskan bahwa Israel akan dipaksa untuk melaksanakan resolusi internasional dan menyetujui perjanjian non-proliferasi (NPT).

Qatar juga menyerukan agar fasilitas nuklir yang dimiliki oleh negara Zionis itu harus mendapat jaminan dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komite Nasional Pelarangan Senjata Qatar, Nasser Bin Mohamed Al-Ali, pada Konferensi Jenderal IAEA di Wina.

“Fakta-fakta di lapangan menunjukkan jika penggunaan energi nuklir dalam hal perdamaian telah menunjukkan kemajuan yang besar dan penuh kesuksesan, namun ketenangan dan keselamatan terhadap bahaya nuklir masih jauh di luar jangkauan kami,” katanya.

Al-Ali menambahkan bahwa senjata nuklir saat ini mampu menghancurkan kehidupan di bumi puluhan kali dan penggunaan senjata nuklir meningkatkan ketidakstabilan sebuah negara seperti dikutip dari Middle East Monitor, Sabtu (1/10/2016).

Ia juga menyerukan untuk membuat lebih banyak upaya untuk mencapai semua tujuan dari NPT dan semua perjanjian denuklirisasi lainnya, hingga akhirnya mencapai dunia tanpa senjata nuklir.

Al-Ali mencatat bahwa orang-orang dari Timur Tengah merasakan bahaya senjata nuklir lebih dari yang lain dan mereka harus bekerja menuju tujuan denuklirisasi. Qatar percaya bahwa membentuk zona bebas senjata nuklir di Timur Tengah, menarik Israel untuk melaksanakan perjanjian internasional, bergabung dengan NPT, dan memastikan fasilitas nuklirnya mendapat jaminan dari IAEA langkah-langkah utama ke arah ini.

Sumber : MEMO | Weblink : https://www.middleeastmonitor.com/20160930-qatar-calls-for-forcing-israel-to-denuclearise/

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here