Qatar Perkuat Hubungan dengan Iran di Tengah Krisis Teluk

1202

Moslemtoday.com : Qatar ingin memperkuat kembali hubungan kerjasamanya dengan Iran di tengah krisis diplomatik dengan negara tetangganya di Teluk (Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan UEA). Keputusan itu dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri Qatar dalam sebuah pernyataan terbarunya yang dirilis pada Kamis, (24/8/2017).

Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan bahwa Qatar akan mengirim kembali duta besarnya ke Teheran untuk melanjutkan tugas-tugas diplomatiknya setelah ditarik lebih dari 20 bulan. Hal itu untuk menindaklanjuti pernyataan Menlu Qatar bahwa Doha ingin memperkuat kembali hubungannya dengan Iran di segala bidang.

Sebelumnya, Menlu Qatar Sheikh Muhammad bin Abdurrahman Al-Thani telah membahas hubungan bilateral dan peluang kerjasama di antara kedua negara dalam panggilan teleponnya dengan Menlu Iran, Muhammad Javad Zarif, seperti dilansir dari Al Jazeera.

Qatar menarik duta besarnya dari Iran pada bulan januari 2016 lalu setelah Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran karena adanya aksi pembakaran kantor kedutaan besar Saudi di Teheran kala itu dalam demo menentang eksekusi mati Ulama Syi’ah di Arab Saudi, Sheikh Nimr al-Nimr.

Keputusan untuk membuka kembali kantor kedutaannya tersebut di Iran, menunjukkan bahwa Qatar siap untuk berhadapan dengan negara tetangganya di Teluk. Qatar menekankan tidak akan tunduk pada tekanan regional dari negara-negara yang telah memblokadenya.

Qatar yang bergantung pada impor makanan, mengimpor sebagian besar makanannya dari tetangganya di Teluk Arab sebelum mereka memberlakukan blokade laut, udara dan darat terhadap Qatar. Sejak 11 Juni 2017, Doha telah menerima pasokan makanan segar dari Iran dan juga mengizinkan maskapai nasional Qatar untuk menggunakan wilayah udaranya. (DH/MTD)

Redaktur : Deli Abdullah
Sumber : Al Jazeera

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here