Qatar Perluas Pangkalan Militer Terbesar AS “Al Udeid” di Timur Tengah

962

Moslemtoday.com : Qatar memperluas Pangkalan Militer Al Udeid milik AS di ibukota Doha dan melengkapi semua fasilitas pangkalan untuk melayani kehadiran AS secara permanen di negara tersebut. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Qatar, Khalid bin Mohammad Al Attiyah saat berkunjung ke Washington, DC pada hari Senin kemarin.

“Kami memiliki rencana besar untuk memperluas pangkalan Al Udeid agar permanen. Kami merencanakan program Qatar Vision 2040 dalam kerja sama militer dengan Amerika Serikat dalam semua aspek, baik di Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan darat,” ungkap Attiyah, seperti dilansir dari Sputnik, Selasa, (30/1/18).

Pangkalan Militer AS pindah ke Qatar dari Arab Saudi pada tahun 2003 setelah renovasi pangkalan Angkatan Udara Pangeran Sultan di Arab Saudi. Al Udeid kemudian menjadi basis militer terbesar AS di Timur Tengah. Al Udeid menampung sebanyak 11.000 personil militer AS dan proyeksi kekuatan udara AS di wilayah tersebut.

Attiyah menambahkan bahwa kehadiran AS telah menguntungkan angkatan bersenjata Qatar. “Kami belajar banyak di sisi militer dengan latihan bersama. Kami belajar banyak dari Amerika, ini adalah lingkungan operasional yang sesungguhnya,” ungkap Attiyah, seperti dilansir dari Al Jazeera. 

“Qatar adalah tempat paling strategis dibanding Afghanistan, Irak dan Suriah. Qatar adalah titik sentral di kawasan ini. Saya tidak melebih-lebihkan ketika mengatakan 80 persen pengisian bahan bakar pesawat AS di wilayah tersebut berasal dari Udeid,” tambah Attiyah.

 

“Saya saksikan hubungan Qatar dengan Amerika Serikat jauh lebih dalam daripada yang dilihat orang. Anda tahu kita memiliki hubungan historis, militer, pendidikan, energi antara kedua negara, jadi saya tidak berpikir konflik yang ada akan mempengaruhi hubungan historis dan solid antara Qatar dengan Amerika Serikat,” kata Al Attiyah di Heritage Foundation, Washington DC. (DH/MTD)

Sumber : Al JazeeraSputnik | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here