Qatar Sebut Negaranya Cukup Kaya untuk Menghadapi Blokade Teluk

2005

Moslemtoday.com : Menteri Keuangan Qatar mengatakan bahwa fundamental ekonomi negaranya berada pada posisi yang lebih baik daripada empat negara tetangga yang memblokadenya. Qatar menyatakan bahwa negaranya cukup kaya untuk menghadapi blokade Teluk.

Berbicara kepada surat kabar The Times, Menterti Keuangan Qatar Ali Sharif al-Emadi, mengatakan bahwa cadangan keuangan negara yang besar, yang berasal dari penjualan gas alam selama beberapa dekade ini, akan dapat menahan sanksi isolasi.

“Kami memiliki kas kekayaan kedaulatan sebesar 250 persen dari produk domestik bruto, kami memiliki cadangan Qatar Central Bank, dan kami memiliki cadangan strategis,” ungkapnya sebagaimana dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, (8/7/2017).

Meskipun lembaga pemeringkat keuangan telah menurunkan peringkat Qatar atas prospek keuangannya, al-Emadi mengatakan bahwa negaranya masih cukup kaya untuk mempertahankan kedaulatannya meskipun mendapat sanksi.

Dia bahkan membandingkan negaranya dengan status keuangan Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir. “Bahrain dan Mesir berada pada tingkat level terendah,” katanya.

“Jika Anda melihat Arab Saudi, mereka memiliki masalah dengan keuangan mereka. Kami adalah negara dengan pertumbuhan tercepat di kawasan ini, 40 persen lebih cepat dari negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (Gulf Co-operation Council/GCC),” ungkap al-Emadi. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/news/2017/07/rich-face-threats-blockade-170707132243176.html

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here