Qatar Sesalkan Keputusan Pemutusan Hubungan Diplomatik oleh Koalisi Negara Teluk

1992

Moslemtoday.com : Arab Saudi dan Koalisi Negara Teluk, Mesir, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA) dan Yaman hari ini, Senin, (5/6/2017) kompak memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Qatar menyesalkan keputusan serentak tersebut.

Qatar mengatakan bahwa pihaknya menyesalkan keputusan untuk memutuskan hubungan diplomatik pada hari Senin, menurut televisi Al Jazeera yang berbasis di Qatar.

“Langkah-langkah tersebut tidak dapat dibenarkan dan didasarkan pada klaim dan tuduhan yang sebenarnya tidak memiliki dasar,” ungkap Kementerian Luar Negeri Qatar. Qatar mengatakan keputusan tersebut tidak akan mempengaruhi kehidupan normal warga negara dan penduduknya.

Ditambahkan bahwa Qatar tengah menghadapi kampanye kebohongan dan rekayasa. Kampanye penghasutan ini didasarkan pada kebohongan-kebohongan yang telah mencapai tingkat rekayasa penuh.

“Qatar adalah anggota aktif Dewan Kerjasama Teluk dan berkomitmen penuh terhadap piagamnya. Qatar menghargai kedaulatan negara lain dan tidak mencampuri urusan dalam negeri mereka, dan telah memenuhi perannya dalam memerangi terorisme dan ekstremisme” demikian statemen Kementerian Luar Negeri Qatar.

Pemutusan hubungan dengan Qatar pertama kali diumumkan oleh pemerintah Arab Saudi yang kemudian diikuti oleh negara-negara Bahrain, Mesir, Uni Emirat Arab, Yaman dan Libya. Langkah serentak ini diambil seiring pernyataan negara-negara Arab bahwa Qatar mendukung agenda Iran, yang merupakan rival utama Arab Saudi di Timur Tengah. (DH/MTD)

Sumber : Aljazeera

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here