Qatar Tolak Daftar Kelompok Teroris Terbaru yang Dirilis Arab Saudi dan Koalisi Negara Teluk

2206

Moslemtoday.com :  Qatar pada hari Jumat (9/6/2017) menolak daftar 59 orang dan 12 organisasi “kelompok teror” yang dirilis Arab Saudi dan negara-negara koalisi Arab. Daftar “kelompok teror” itu disebut memiliki hubungan dengan Qatar.

Daftar dirilis beberapa hari setelah Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Mesir, dan Yaman memutuskan hubungan diplomatik dengan alasan Qatar mendukung terorisme. Saudi dan negara-negara Arab yang memiliki perbatasan langsung dengan Qatar telah melakukan blokade ekonomi.

Perilisan daftar itu didukung negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC).

”Pernyataan gabungan baru-baru ini yang dikeluarkan oleh Kerajaan Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan UEA mengenai ‘daftar pengawasan keuangan teror’ sekali lagi memperkuat tuduhan tak berdasar yang sebenarnya tidak memiliki landasan,” kata pemerintah Qatar dalam sebuah pernyataan, yang dilansir Al Jazeera.

”Posisi kami dalam melawan terorisme lebih kuat daripada banyak penandatangan pernyataan bersama, sebuah fakta yang telah diabaikan oleh para penulis (penandatangan),” lanjut pemerintah Qatar.

Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir telah menghentikan semua penerbangan ke dan dari Doha. Negara-negara itu juga menutup jalur laut dan udara ke Qatar. Saudi juga menutup perbatasan darat khusus ke Qatar.

Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman alThani menggambarkan blokade tersebut sebagai pelanggaran hukum internasional. “Prosedur yang diambil ini memiliki pelanggaran hukum internasional dan hukum humaniter internasional yang jelas. Mereka tidak akan memiliki dampak positif terhadap wilayah tersebut namun (berdampak) negatif,” kata Sheikh Al-Tani.

”Kami memiliki tanda tanya besar tentang masa depan GCC,” keluh Menlu Qatar tersebut. (DH/SND)

Sumber : Al Jazeera

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here