Qatar : Tuntutan Saudi Tidak Dapat Diterima, Tidak Didukung Oleh Bukti

1760

Moslemtoday.com : Qatar tetap menolak untuk menuruti 13 tuntutan yang diajukan oleh Arab Saudi dan Koalisi Teluk sebagai syarat pencabutan blokade. Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Muhammed bin Abdulrahman al-Thani menyatakan tuntutan yang diajukan tersebut tidak dapat diterima karena menuntut Qatar tanpa bukti.

Menlu al-Thani mengatakan koalisi Teluk seharusnya mendorong solusi ”rasional” untuk jalan keluar dari krisis Teluk ini bukan mengajukan tuntutan yang tidak masuk akal.

Komentar Menlu Qatar ini disampaikan setelah bertemu Menlu AS Rex Tillerson, sebagaimana dirilis Al Jazeera, Rabu, (28/6/2017). Komentar ini juga sebagai respons atas pernyataan Menlu Saudi Adel al-Jubeir bahwa tuntutan itu sudah final dan tidak akan ada negosiasi soal tuntutan tersebut terhadap Qatar. (Baca juga : Arab Saudi : Tidak Akan Ada Negosiasi Mengenai Daftar Tuntutan Arab Terhadap Qatar)

”Apa yang telah diajukan oleh negara-negara pemblokade itu hanyalah klaim yang tidak dinyatakan dengan bukti dan bukan tuntutan,” ungkap al-Thani.

”Negosiasi membutuhkan kemauan yang nyata dari semua pihak dan memberikan bukti-bukti yang jelas untuk mendukung tuntutannya,” tambah al-Thani. (Baca juga : Inilah “13 Daftar Tuntutan” Arab Saudi dan Koalisi Negara Teluk Sebagai Syarat Untuk Mengakhiri Krisis Diplomatik dengan Qatar)

“Tuntutan seharusnya realistis dan dapat dilaksanakan. Tentu ada yang akan ditolak. Kami setuju dengan Washington bahwa tuntutannya seharusnya rasional,” imbuh al-Thani. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/news/2017/06/qatar-saudi-led-list-unacceptable-backed-proof-170627210015045.html

comments

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here