Raja Malaysia Restui Jaksa Agung Non-Muslim Pilihan PM Mahathir

773

Moslemtoday.com : Raja Malaysia telah menyetujui rencana pemerintah untuk menunjuk seorang jaksa agung dari non-Muslim, setelah hampir dua minggu terjadi kebuntuan yang memicu ketegangan rasial di negara Asia Tenggara yang berpenduduk mayoritas Muslim tersebut.

Sementara itu, Kelompok-kelompok yang mewakili mayoritas etnis Melayu menolak rencana penunjukan jaksa agung dari non-muslim. Tommy Thomas, seorang pakar hukum beragama Kristen keturunan India diusulkan oleh PM Terpilih Mahathir Mohamad untuk menduduki jabatan sebagai jaksa agung.

“Penunjukkan ini akan tetap melestarikan hak khusus bagi orang-orang Melayu dan Bumiputera dan status Islam sebagai agama negara,” kata pejabat istana, Wan Ahmad Dahlan Abdul Aziz, melalui pernyataan resmi yang dirilis atas nama Raja, seperti dikutip dari Reuters, (7/6/2018).

Istana Kerajaan mengatakan bahwa Raja Muhammad V telah memutuskan untuk mengakhiri masa jabatan Jaksa Agung Mohamed Apandi Ali dan menunjuk Thomas Tommy sebagai penggantinya atas saran PM Mahathir dan setelah berkonsultasi dengan delapan penasehat kerajaan.

Jika resmi dilantik, Thomas akan menjadi orang non-Melayu pertama yang menduduki jabatan jaksa agung Malaysia sejak dibentuk pada 1963.

Majelis Raja-raja Malaysia, yang terdiri dari pemimpin dari sembilan wilayah persekutuan Malaysia dijadwalkan akan bertemu untuk membahas rencana penunjukan Thomas sebagai jaksa agung tersebut. Keputusan Majelis Raja-raja ini kemungkinan akan meredakan perbedaan pendapat di komunitas Muslim Melayu Malaysia. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here