Raja Salman Kecam Campur Tangan Iran di Kerajaan Maroko

680

Moslemtoday.com : Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud melakukan panggilan telepon dengan Raja Maroko, Raja Muhammad VI, pada Kamis malam kemarin. Dalam panggilan telepon tersebut, Raja Salman menyampaikan kecaman Arab Saudi terhadap Iran yang telah mencampuri urusan dalam negeri kerajaan Maroko.

Dilansir dari Saudi Press Agency, Jumat, (4/5/18), Raja Salman menyatakan pendirian tegas Kerajaan Arab Saudi bersama Kerajaan Maroko untuk melawan semua campur tangan Iran yang mengganggu keamanan, stabilitas, dan integritas Kerajaan Maroko.

Dalam panggilan telepon tersebut, kedua pemimpin menekankan pentingnya menyatukan posisi bersama dan mengkoordinasikan upaya untuk menghadapi tindakan agresif rezim Iran, intervensi dalam urusan negara-negara Arab, dan kebijakannya yang bertujuan untuk mendestabilisasi keamanan dan stabilitas di dunia Arab.

Kementerian luar negeri Maroko telah mengumumkan pada hari Selasa kemarin, (1/5/18) bahwa Kerajaan Maroko memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran. Maroko kemudian menutup Kantor Kedutaannya di Teheran, Iran.

Maroko menyebut Iran dan proksinya Hizbullah Lebanon telah melatih dan mempersenjatai militan Front Polisario. Menteri Luar Negeri Maroko, Nasser Bourita mengatakan bahwa Rabat memiliki bukti yang valid atas keterlibatan Iran dan Hizbullah dengan memberikan dukungan keuangan dan pelatihann serta logistik kepada Front Polisario.

Front Polisario merupakan gerakan separatis yang ingin memerdekakan wilayah Sahara Barat dari Kerajaan Maroko. (DH/MTD)

Sumber : Saudi Press Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here