Raja Salman Setuju Penempatan 500 Personel Tentara AS di Arab Saudi

389

Moslemtoday.com : Raja Salman bin Abdulaziz menyetujui penempatan 500 personel tentara AS di wilayah Kerajaan untuk memperkuat keamanan dan stabilitas regional di kawasan Timur Tengah. Trump mengatakan bahwa dia menganggap Arab Saudi sebagai mitra penting untuk menghadapi pengaruh Iran.

Departemen Pertahanan AS mengkonfirmasi langkah itu dalam sebuah pernyataan, mengatakan akan mengerahkan pasukan dan sumber daya untuk memberikan bantuan tambahan kepada Arab Saudi dalam menghadapi “ancaman yang bisa muncul” di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Teheran di perairan Selat Hormuz.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Saudi mengatakan keputusan itu bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bersama dalam pertahanan keamanan dan stabilitas regional dan untuk menjaga perdamaian dunia, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (20/7/2019).

Pada hari Jumat, Iran mengatakan telah menangkap sebuah kapal tanker minyak Inggris yang merupakan sekutu AS di Selat Hormuz. Hubungan antara Washington dan Teheran terus memburuk tahun lalu ketika Presiden Donald Trump membatalkan perjanjian nuklir 2015 antara kekuatan dunia dan Iran.

Di bawah pakta itu, Iran setuju untuk membatasi pengembangan aktivitas nuklir, yang sejak lama dilihat oleh Barat sebagai kedok untuk mengembangkan senjata nuklir, sebagai imbalan atas pencabutan sanksi. Namun sanksi sejak itu telah diberlakukan kembali dan sangat merugikan ekonomi Iran. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here