Raja Yordania Abdullah II Raih Hadiah Perdamaian dari Jerman

1139

Moslemtoday.com : Raja Yordania Abdullah II meraih Hadiah Perdamaian Westphalia dari Jerman. Penghargaan bergengsi ini diraih Abdullah atas upaya perdamaiannya di Timur Tengah.

Dalam upacara penyerahan hadiah tersebut di balai kota Muenster, Sabtu 8 Oktober, Presiden Jerman Joachim Gauck mengapresiasi Raja Abdullah.

“Anda dan rakyat Anda telah menetapkan standar bagi kemanusiaan,” ujar Gauck, seperti dilansir DW, Minggu (9/10/2016).

Dari sekira lima juta orang yang meninggalkan Suriah, 656 ribu di antaranya kini tinggal di Yordania. Saat ini Yordania sendiri memiliki sedikitnya 6,5 juta penduduk.

“Yordania menjadi contoh bagi negara lain dalam menampung pengungsi. Bahkan Yordania membuat bujet khusus dalam anggaran negara yang didedikasikan khusus untuk menolong para pengungsi.

Abdullah menyatakan, ia mengajak komunitas internasional untuk mendukung upayanya dalam menampung pengungsi. “Komunitas dunia saat ini menghadapi krisis pengungsi paling besar sepanjang sejarah. Karena menghadapi krisis global, maka aksi yang harus diambil pun global,” ujar Abdullah.

Sejak 1998, Hadiah Perdamaian Westphalia diberikan kepada para individu dan organisasi yang menjadi contoh dalam mempromosikan perdamaian dan kesetaraan.

Hadiah tahunan tersebut juga dimaksudkan untuk memperingati dicapainya Perdamaian Westphalia, serangkaian perjanjian yang disimpulkan dan diumumkan di balai kota Muenster pada 1648, mengakhiri Perang 30 Tahun dan konflik lain.

Di antara peraih penghargaan ini adalah mantan Kanselir Jerman Helmut Schmidt dan Helmut Kohl. Mantan Sekjen PBB Kofi Annan serta pianis dan konduktor Israel Daniel Barenboim juga pernah meraih Hadiah Perdamaian Westphalia.

Sumber : Deutsche Welle | Weblink : http://www.dw.com/en/king-abdullah-ii-of-jordan-honored-with-german-peace-prize/a-35996905

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here