Rakyat Palestina Protes Kesepakatan Normalisasi Negara-negara Arab dengan Israel

41

Moslemtoday.com : Ratusan warga Palestina melakukan aksi protes di wilayah Tepi Barat dan di Jalur Gaza. Mereka mencela kesepakatan normalisasi antara UEA dan Bahrain dengan Israel. Kesepakatan tersebut ditandatangani pada hari Selasa lalu, (15/9/2020) di Gedung Putih, Washington yang dimediasi oleh Amerika Serikat.

Sambil menggenggam bendera Palestina dan memakai masker, pendemo melakukan aksi di kota Nablus dan Hebron di Tepi Barat dan di Gaza. Puluhan orang juga melakukan demonstrasi di Ramallah, tempat administrasi Pemerintahan Otoritas Palestina.

“Jika anda berjalan melalui wilayah pesisir yang diblokade (Gaza), Anda akan melihat ratusan pemuda Gaza yang telah kehilangan kakinya dan lumpuh seumur hidupnya hanya karena memprotes blokade Israel,” ungkap salah seorang pendemo, Emad Essa, seperti dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, (19/9/2020).

“Di Tepi Barat dan Yerusalem, buldoser-buldoser Israel terus menghancurkan rumah-rumah rakyat Palestina dan menyapu etnis Palestina dari kampung dan kotanya setiap hari,” tambah Essa.

Spanduk yang terpajang bertuliskan “Pengkhianatan”, “Katakan Tidak untuk Normalisasi dengan Penjajah”, dan “Kesepakatan yang Memalukan”.

“Itu hanya puncak dari gunung es dari kebiadapan Israel terhadap Palestina, ditambah lagi UEA dan Bahrain seakan-akan memberi hadiah ke Israel atas kelakuannya dengan melakukan normalisasi dengan Israel. Kesepakatan itu adalah noda memalukan yang berkerak di dahi pemimpin-pemimpin yang menjual permasalahan Palestina dengan harga yang sangat murah,” ujar Essa.

Pengunjuk rasa menginjak-nginjak gambar Netanyahu, Presiden Amerika Donald Trump, Raja Bahrain Hamad bi Isa Al Khalifa, dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al Nahyan lalu membakarnya. (LBS/MTD)

Sumber : Al Jazeera
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here