RESMI, LIPIA Akan Buka Cabang di Makasar, Surabaya dan Medan

1174

Moslemtoday.com : Kabar gembira datang bagi para penuntut ilmu syar’i di Indonesia. Pembukaan tiga cabang Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta akan segera terealisasi. Tiga kota sudah ditetapkan untuk dibangunkan cabang LIPIA.

Hal ini disampaikan oleh perwakilan LIPIA Jakarta dalam konferensi pers yang digelar di Gedung LIPIA Jakarta, Jalan Buncit Raya 5A Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2016). 

Dalam kesempatan itu, hadir Dr Abdullah As-Sulamy yang merupakan Direktur Akademi Luar Negeri Universitas Imam Muhammad bin Sa’ud. Untuk diketahui, saat ini LIPIA Jakarta merupakan satu-satunya cabang Universitas Imam Muhammad bin Sa’ud di Indonesia.

Menurut Dr As-Sulamy, dibukanya tiga cabang perwakilan Universitas Imam Muhammad  bin Sa’ud di Indonesia adalah sebagai wujud kerjasama Kerajaan Arab Saudi dengan Pemerintah Indonesia, khususnya dalam bidang Kebudayaan dan Pendidikan. Demikian sebagaimana dilansir dari Fokusislam.com, Sabtu, (3/9/2016).

“Sudah sejak lama pemerintah Kerajaan Arab Saudi bekerjasama dan menjalin hubungan bilateral dengan pemerintah dan rakyat Indonesia. Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya para ulama dari Indonesia yang menimba ilmu dan belajar langsung ke Arab Saudi dari zaman sebelum kemerdekaan RI sampai saat ini,” katanya menjelaskan.

Dr As-Sulami juga menyebutkan bahwa tidak sedikit pula dosen dan pengajar dari Indonesia yang mengajar di berbagai lembaga pendidikan di Arab Saudi.

Lebih lanjut, Dr As-Sulamy juga menjelaskan bahwa LIPIA Jakarta sudah memberikan peran signifikan dalam melahirkan lebih dari 15 ribu alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai macam peran dan kiprahnya. Tak heran jika melihat fakta bahwa LIPIA Jakarta sudah ada sejak tahun 1980 M/ 1400 H.

Tiga Kota Sudah Ditetapkan

Tiga kota yang akan dibangun menjadi cabang LIPIA Jakarta sudah ditetapkan. Ketiganya adalah : Makasar, Surabaya dan Medan.

Saat ini pihak LIPIA Jakarta sudah membentuk tim komite yang sedang meninjau beberapa lokasi di tiga kota tersebut. Hal itu dilakukan sebagai bentuk persiapan matang untuk pembukaan tiga cabang lembaga pendidikan ini.

Menariknya, pembukaan tiga cabang baru ini juga melibatkan sedikitnya tujuh lembaga kenegaraan di Indonesia. Selain Kementerian Agama tentunya, dilibatkan juga  beberapa lembaga lainnya seperti : Lembaga Kepresidenan, Departemen Luar Negeri, SetNeg, Depdagri, Lembaga Pertanahan Nasional serta dilibatkan juga lembaga BIN (Badan Inteligen Negara).

Dr As-Sulamy juga menambahkan bahwa keinginan untuk membuka cabang LIPIA Jakarta di beberapa wilayah Indonesia sudah ada sejak masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Sejak itu pula keinginan tersebut terus digodok hingga bisa segera terealisasi dalam waktu dekat ini. Semoga ini menjadi keberkahan bagi kaum muslimin di Indonesia. Baca juga : (Raja Salman Setujui Pembentukan Tiga Cabang Baru Kampus LIPIA di Indonesia)

Sumber : Fokusislam.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here