Respons PP. Muhammadiyah Terkait Polemik Timnas Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia

139

Moslemtoday.com : Timnas Israel U-20 dijadwalkan akan datang ke Indonesia untuk mengikuti gelaran ajang Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Kedatangan Israel menjadi polemik karena Republik Indonesia dalam amanat Pembukaan UUD 1945 menyatakan secara tegas untuk menolak segala bentuk imperialisme dan penjajahan.

Sebagaimana diketahui, Israel merupakan komunitas yang sedang mempraktekkan sistem negara apartheid dan melakukan kolonisasi terhadap rakyat Palestina. Apalagi, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Menanggapi polemik ini, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir meminta negara untuk bersikap konsisten sesuai amanat konstitusi. Ajang internasional apapun, termasuk gelaran turnamen sepak bola semestinya sejalan antara penyelenggaraannya dan ideologi politik negara tuan rumahnya.

“Baik sepak bola maupun urusan-urusan lain itu harus dalam satu kesatuan sistem dengan policy negara,” kata Haedar di Yogyakarta, Selasa, 14 Maret 2023 seperti dilansir dari situs Muhammadiyah.or.id

Haedar menjelaskan, segala sesuatu yang tidak sesuai dengan arah kebijakan atau politik negara bakal berujung pada timbulnya masalah. Salah satunya, seperti soal Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia.

“Sejauh negara itu masih punya kebijakan anti imperialisme, anti kolonialisme, lalu tidak punya hubungan diplomatik dengan satu negara, yang lain itu harus menyesuaikan, Nah, akibat tidak menyesuaikan lalu terjadi masalah,” ungkap Haedar.

Redaktur : M. Isa Karim D | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here