Rouhani Kritik Anggaran Keuangan Khamenei

671

Moslemtoday.com : Presiden Iran Hassan Rouhani mengkritik anggaran keuangan yang besar yang dialokasikan untuk proyek yang disebut ‘islamisasi sains’ yang dikampanyekan oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

“Proyek ini hanya menghabiskan banyak uang. Lembaga keagamaan ini tidak berkontribusi pada pembangunan negara kita. Kita tidak memiliki industri mobil Islami, atau fisika atau kimia Islam,” ungkap Rouhani saat memberikan pidato pada Festival Al-Khawarizmi ke-31, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (26/2/18).

Rouhani juga mengatakan bahwa upaya untuk menambahkan prinsip-prinsip Islam ke dunia sains sebagai proyek yang gagal.

Rouhani mengatakan bahwa “menambahkan Al-Quran di dasbor mobil tidak menjadikannya mobil Islami.” Rouhani mengkritik gagasan membagi ilmu menjadi Islam dan non-Islam. “Algoritma aljabar dan matematika tidak dapat diklasifikasikan sebagai ilmu Islam atau non-Islam. Proyek ini hanya menghasilkan pengeluaran besar,” tambah Rouhani.

“Ilmu pengetahuan tidak terkait dengan ideologi. Kami memiliki perspektif yang berbeda di negara ini. Ilmu pengetahuan tidak mengenal batasan, sementara beberapa orang ingin membuat fisika dan kimia menjadi Islam dan menghabiskan banyak uang dan waktu untuk melakukannya. Aljabar adalah aljabar dan matematika adalah matematika,” ujar Rouhani.

Anggaran yang dialokasikan untuk lembaga keagamaan Iran meningkat 10 persen di tahun depan. Sementara itu, selama era Rouhani anggaran tersebut telah ditingkatkan sebesar 26 persen. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur: Hermanto Deli
Hak Cipta © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here