Rudal Rusia Dilaporkan Hantam Negara Anggota NATO ‘Polandia’, 2 Orang Tewas

52

Moslemtoday.com : Seorang pejabat senior intelijen Amerika Serikat (AS) mengatakan rudal Rusia nyasar ke Polandia dan menewaskan dua orang. Peristiwa itu terjadi saat Rusia membombardir Ukraina dengan puluhan roket.

Wakil juru bicara utama Departemen Luar Negeri Vedant Patel menegaskan bahwa AS tidak dapat mengkonfirmasi laporan rudal yang menghantam wilayah Polandia dan menewaskan dua orang.

“Kami telah melihat laporan ini dari Polandia dan sedang bekerja dengan pemerintah Polandia dan mitra NATO kami untuk mengumpulkan lebih banyak informasi,” kata Patel pada konferensi pers.

“Kami tidak dapat mengkonfirmasi laporan atau detail apa pun saat ini,” imbuhnya seperti dikutip dari CNN.

Pemerintah Polandia sendiri mengadakan pertemuan darurat pejabat keamanan nasional setelah media Polandia melaporkan proyektil menewaskan dua orang di dekat perbatasan dengan Ukraina.

Belum diketahui dari mana proyektil itu berasal. Namun, proyektil itu mendarat di wilayah anggota NATO itu kira-kira pada waktu yang sama ketika Rusia meluncurkan gelombang serangan rudal terbesarnya di kota-kota Ukraina dalam lebih dari sebulan.

Media Polandia menunjukkan gambar kendaraan pertanian yang dihantam proyektil tersebut dan terbalik di lokasi, dekat kota Przewodow, sekitar empat mil barat dari perbatasan Ukraina.

“Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki telah membentuk Komite Dewan Menteri Urusan Keamanan dan Pertahanan Nasional,” kata seorang juru bicara pemerintah seperti dikutip dari Associated Press, Rabu, (16/11/2022).

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia sendiri membantah menargetkan perbatasan, dan menyebut laporan oleh media Polandia sebagai provokasi yang disengaja untuk memanaskan situasi.

“Pernyataan media dan pejabat Polandia tentang dugaan jatuhnya rudal ‘Rusia’ di wilayah pemukiman Przewodow adalah provokasi yang disengaja untuk meningkatkan situasi. “Tidak ada serangan dibuat pada target di dekat perbatasan negara Ukraina-Polandia,” bunyi pernyataan tersebut menegaskan.

Ditambahkan bahwa foto-foto reruntuhan yang diterbitkan oleh media Polandia dari tempat kejadian di desa Przewodow tidak ada hubungannya dengan senjata Rusia.

Negara-negara Baltik yang menjadi anggota NATO lebih lantang dalam pernyataan mereka, menekankan kesiapan untuk mempertahankan wilayah NATO.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara adalah kelompok yang terdiri dari 30 negara Amerika Utara dan Eropa. Menurut NATO, tujuannya adalah untuk menjamin kebebasan dan keamanan anggotanya melalui sarana politik dan militer. Aliansi tersebut dibentuk pada tahun 1949 sebagai respons atas dimulainya Perang Dingin. Tujuan awalnya adalah untuk melindungi Barat dari ancaman yang ditimbulkan oleh Uni Soviet.

Sejak akhir Perang Dingin, banyak bekas negara Soviet telah bergabung dengan NATO, yang membuat Putin kesal. Aspek yang paling terkenal dari aliansi tersebut adalah Pasal 5 dari perjanjian tersebut, yang jika digunakan, berarti serangan terhadap satu negara Sekutu dianggap sebagai serangan terhadap semua negara Sekutu.

Sumber : Sindonews.com, Associated Press

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here