Rusia Ajak Arab Saudi Ikut Poros Rusia-Iran-Turki Ciptakan Perdamaian di Suriah

1701

Moslemtoday.com : Pemerintah Rusia mengajak Arab Saudi bergabung dengan trio Rusia-Iran-Turki dalam upaya untuk menciptakan perdamaian di Suriah. Ajakan itu disampaikan Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin.

Menteri Luar Negeri Rusia, Iran dan Turki telah bertemu di Moskow pada hari Selasa untuk menyusun pernyataan bersama yang bertujuan untuk menyelesaikan konflik jangka panjang di Suriah.

Menurut Churkin, dokumen itu  merupakan upaya ekstra tiga negara.”Guna menyiapkan kubu oposisi untuk bernegosiasi dengan pemerintah (rezim Suriah), dan menempatkan mereka di meja yang sama dengan pemerintah, sehingga mereka dapat mengembangkan beberapa pengaturan yang akan memajukan proses politik,” kata Churkin.

“Itu sangat penting, bahwa pernyataan Moskow, Teheran dan Ankara berisi undangan kepada negara-negara lain yang memiliki pengaruh ‘di lapangan’ untuk bergabung dengan upaya tersebut,” ujar Churkin.

”Sepertinya akan sangat penting bagi Arab Saudi untuk mengambil sikap yang sama dan bekerja dalam arah yang sama,” lanjut diplomat Rusia, demikian seperti dikutip dari Russia Today, Jumat, (23/12/2016).

Pembicaraan Rusia dan AS untuk menyelesaikan krisis Suriah telah terhenti. Tapi, Churkin mengatakan bahwa situasi dapat berubah ketika Donald Trump menggantikan Barack Obama di Gedung Putih.

”Saya akan berbagi interpretasi pribadi saya dari hal-hal yang saya dengar baru-baru ini,” ujarnya. Menurut informasi dari Churkin, utusan khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengatakan bahwa dia berencana untuk mengadakan perundingan baru tentang Suriah pada tanggal 8 Februari 2017.

Sumber : Russia Today | Weblink : https://www.rt.com/news/371188-russia-syria-saudi-trump-un/

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here