Rusia, Iran dan Turki Sepakat untuk Menggelar “Kongres Suriah”

2385

Moslemtoday.com : Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa rekan-rekannya  Iran dan Turki telah sepakat untuk mengadakan “kongres rakyat Suriah” yang akan mempertemukan tokoh pemerintah dan oposisi.

Putin pada hari Rabu kemarin menjadi tuan rumah bagi Hassan Rouhani dan Recep Tayyip Erdogan dalam pertemuan resmi di kota Sochi, dekat laut Hitam, Rusia. Pertemuan sejenis juga diadakan oleh beberapa kelompok oposisi Suriah di ibukota Arab Saudi, Riyadh, menjelang perundingan yang disponsori oleh PBB di Jenewa.

“Kongres akan melihat pertanyaan kunci mengenai agenda nasional Suriah,” ungkap Putin dalam konferensi pers yang ditemani Rouhani dan Erdogan, seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis, (23/11/2017).

“Pertama-tama, itu adalah penyusunan kerangka kerja untuk struktur Suriah masa depan, penerapan konstitusi baru, dan, berdasarkan hal itu adakan diselenggarakan pemilu di bawah pengawasan Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Putin.

Dalam sebuah pernyataan bersama, ketiga pemimpin tersebut menggarisbawahi perlunya semua pihak yang berperang untuk membebaskan semua tahanan dan sandera, menyerahkan tawanan dan menciptakan kondisi untuk gencatan senjata yang langgeng.

Mereka juga mendesak masyarakat internasional untuk memberikan bantuan kemanusiaan, membersihkan wilayah perang dan memulihkan infrastruktur yang hancur akibat konflik yang telah berlangsung lama.

Iran adalah sekutu utama Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang melakukan kunjungan mendadak ke Sochi pada hari Senin, sementara Turki yang mendukung kelompok oposisi hadir untuk melakukan negosiasi dengan Rusia dan Iran.

Putin pada hari Rabu mengatakan bahwa dia yakin sebuah “tahap baru” telah dicapai dalam krisis Suriah. Dia mengingatkan, bagaimanapun juga mencapai solusi politik akan membutuhkan kompromi dari semua sisi. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera

📲 Akses lebih mudah… Install aplikasi Moslemtoday.com di Play Store: klik: https://play.google.com
📪 Mari gabung bersama media sosial Moslemtoday.com, silakan klik : Telegram : Grup, Channel, Instagram, WhatsApp: Grup 1, Grup 2, Grup 3, Grup 4, Twitter, Facebook

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here