Rusia Terdepak dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB dan Digantikan oleh Arab Saudi

3184

Moslemtoday.com : Rusia kehilangan tempatnya di Dewan HAM PBB setelah dikalahkan oleh Kroasia dalam pemungutan suara yang dilakukan secara tertutup. Ini adalah yang pertama kalinya sejak 2006 lalu Rusia terdepak dari keanggotaan Dewan HAM PBB.

47 tempat di Dewan HAM PBB didistribusikan secara regional dimana sepertiga dari anggota dipilih kembali setiap tahun. Rusia terdepak setelah tiga tahun terpilih, kalah bersaing dengan Kroasia untuk dua kursi yang tersisa untuk Eropa Timur. Sedangkan Arab Saudi berhasil terpilih kembali dengan raihan 152 suara.

Seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (29/10/2016), jelang pemilihan UNHRC tahun ini Rusia berada di bawah tekanan terpadu dari organisasi hak manusia. Sebuah petisi yang ditandatangani oleh 80 LSM, termasuk Human Rights Watch dan Pengungsi Internasional, meminta negara-negara untuk mempertanyakan peran Rusia di Suriah yang dinilai tidak cocok untuk duduk di lembaga utama hak asasi manusia PBB.

Rusia menolak permohonan itu dengan mengatakan tuduhan itu lebih memuat motivasi politik daripada kepedulian terhadap hak asasi manusia. Moskow, yang telah melakukan serangan udara di Suriah sejak tahun lalu, mengatakan bertindak sesuai dengan hukum menyusul permintaan resmi dari pemerintah Suriah. Moskow pun menegaskan bahwa upaya perang ditargetkan kepada kelompok teroris.

Badan HAM PBB ini menggantikan Komisi PBB tentang Hak Asasi Manusia (UNHCR) pada tahun 2006 dengan fokus mengawasi dan memantau pelanggaran kejahatan hak asasi manusia di seluruh dunia.

Klik Video : 

Sumber : Russia Today | Weblink : https://www.rt.com/news/364584-russia-saudi-unhrc-election/

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here