Sambut Kedatangan Pemuka Agama Sedunia di Bali, Gus Yahya: Selamat Datang di Tanah Hindu, di Negara Mayoritas Muslim

74

Moslemtoday.com : Forum keagamaan Religion 20 (R20) resmi dimulai mulai hari ini, Rabu (2/11/2022), di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali. Forum ini diinisiasi oleh Nahdlatul Ulama (NU) bekerja sama dengan Liga Muslim Dunia. Acara dihadiri oleh para pemuka agama dan sekte dari berbagai belahan dunia.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf memberikan sambutan pembuka kepada para pemuka yang hadir dengan memamerkan pluralisme di Indonesia hingga saat ini.

“Selamat datang di Bali, Tanah Hindu dan negara berpenduduk mayoritas Islam,” kata Gus Yahya, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu, (02/11/2022).

“Selamat datang di Bali, Tanah Hindu yang mengizinkan penampilan seni paling ikonik dari Aceh, wilayah dengan budaya sangat islami, untuk tampil di panggung kehormatan ini,” ujarnya merujuk penampilan tari saman sebelum pembukaan.

Ia juga menyebut Bali sebagai Tanah Hindu yang telah mengizinkan NU, organisasi muslim terbesar Indonesia, bersama Liga Muslim Dunia untuk dapat membawa inisiatif R20 dengan menghadirkan pemuka agama di seluruh dunia.

“Selamat datang di Indonesia, negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia yang mengizinkan Bali untuk merawat kebudayaan Hindunya yang unik untuk dapat berkembang dan menghargai seluruh orang Indonesia,” kata Gus Yahya.

Ia berharap bahwa forum ini dapat mencari solusi untuk memperjuangkan kemanusiaan di tengah berbagai masalah dan dinamika global. NU menyebut bahwa 464 perwakilan dari 32 negara telah mengonfirmasi hadir dalam R20, dengan 40 pembicara dari 5 benua, termasuk di antaranya Paus Fransiskus yang akan diklaim hadir secara virtual dari Vatikan.

Sumber : Kompas.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here