Sanders Akan Kembalikan Kedubes AS ke Tel Aviv Jika Terpilih sebagai Presiden

303

Moslemtoday.com : Kandidat calon presiden AS terkuat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders mengatakan akan memindahkan kembali Kedutaan Besar AS di Yerusalem ke Tel Aviv jika terpilih sebagai presiden pada pemilu mendatang. Sanders mengutuk keputusan Trump memindahkan Kedubes AS ke Yerusalem pada 2018.

“Jawabannya adalah itu adalah sesuatu yang akan kita pertimbangkan,” kata Sanders saat ditanya tentang rencana pemindahan kembali kedubes tersebut, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (26/2/2020).

Sanders mengatakan dia bangga dengan warisan Yahudi tetapi menentang kebijakan Netanyahu. “Saya sangat bangga menjadi orang Yahudi. Saya sebenarnya tinggal di Israel selama beberapa bulan,” ungkap Sanders.

Sanders menambahkan meskipun ia mendukung kedaulatan Israel, harus ada fokus yang lebih besar pada Palestina dan hak-hak mereka. “Tetapi yang saya yakini saat ini adalah sesuatu yang menyedihkan terjadi di sana, tragis di Israel karena Netanyahu, Anda memiliki seorang rasis reaksioner yang sekarang memerintah negara itu,” ujar Sanders.

“Tapi Anda tidak bisa mengabaikan penderitaan rakyat Palestina,. Kita harus memiliki kebijakan yang memperhatikan Palestina dan Amerika,” tambah Sanders.
Presiden AS sebelumnya, dan juga hampir setiap negara lain, menahan diri untuk tidak membuka kedutaan besar di  Yerusalem, dengan alasan bahwa status akhir kota itu pertama-tama harus diselesaikan melalui negosiasi Israel-Palestina. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here