Sebanyak 99 Orang Warga Wuhan di Karantina di Provinsi Xinjiang Uyghur

488

Moslemtoday.com : Sebanyak 99 orang dari Kota Wuhan yang terkena wabah virus corona di karantina di kota Xinjiang Uyghur Autonomous Region (XUAR). Laporan baru-baru ini menunjukkan bahwa sebanyak 13.000 orang dari Wuhan telah memasuki wilayah tersebut sebelum perintah Otoritas menutup semua transportasi masuk dan keluar dari kota Wuhan, meskipun angka-angka ini tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Layanan Uyghur RFA.

“Sebanyak 99 penduduk Wuhan telah dikarantina di Yashin Hotel. Yashin terletak di pusat kota dan tingginya lebih dari 10 lantai. Mereka semua berasal dari kota Wuhan, Provinsi Hubei,” kata seorang pejabat Xinjiang yang tidak mau disebutkan namanya, seperti dilansir dari Radio Free Asia, Sabtu, (8/2/2020).

Pejabat itu tidak memberikan rincian kapan karantina itu dimulai. RFA berbicara dengan seorang penjaga keamanan di Yashin  Hotel yang mengkonfirmasi adanya karantina, tetapi mengatakan dia tidak yakin berapa banyak orang yang di karantina di sana.
“Itu dipenuhi dengan orang-orang yang dikarantina. Saya tidak tahu nomornya,” kata petugas tersebut.

Laporan karantina datang setelah penduduk XUAR mengatakan kepada RFA bahwa pada 31 Januari, pihak berwenang telah menyatakan keadaan darurat dan memasang pagar dua meter untuk memblokir persimpangan jalan dan memerintahkan sekitar 200.000 penduduk kota untuk tinggal di dalam rumah mereka selama kurang lebih tiga minggu untuk mengatasi penyebaran virus corona.

Salah satu warga mengatakan belum ada kasus yang dikonfirmasi terinfeksi dari virus corona di XUAR. Tetapi laporan baru-baru ini dari pihak berwenang telah mengumumkan setidaknya empat kasus di kota Turpan, dua atau tiga kasus di kota Bayin’gholin, empat kasus di kota Ghulja dan dua kasus di kota Urumqi, ibukota XUAR.

Berdasarkan data terbaru dirilis Al Jazeera, korban tewas akibat wabah virus corona di daratan China telah naik menjadi 722 orang. Sebagian besar kematian terjadi di kota Wuhan, Provinsi Hubei. Sedangkan jumlah kasus yang telah terkonfirmasi terinfeksi virus corona telah melonjak menjadi 34.546 orang. (DH/MTD)

Sumber : RFA, Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here