Sebut Islam Sebabkan Kemunduran Dunia Muslim, Boris Johnson Tuai Kecaman

173

Moslemtoday.com : Kandidat terkuat calon Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menuai kecaman keras setelah pernyataannya yang menyebut Islam menyebabkan dunia muslim mengalami kemunduran selama berabad-abad di belakang dunia Barat.

“Pasti ada sesuatu tentang Islam yang memang membantu menjelaskan mengapa tidak ada kebangkitan kaum borjuis, tidak ada kapitalisme liberal dan oleh karena itu tidak ada penyebaran demokrasi di dunia Muslim,” kata Boris Johnson, seperti dilansir dari The Guardian, Selasa, (16/7/2019).

Dalam tulisannya yang berjudul ‘And Then Came the Muslims‘, Johnson menambahkan bahwa keluhan yang dialami dunia muslim berperan dalam sebagian besar konflik global.

“[Semakin jauh dunia Muslim] tertinggal, semakin pahit dan membingungkan, sampai pada titik di mana setiap titik nyala global yang dapat Anda pikirkan, dari Bosnia ke Palestina, dari Irak ke Kashmir, anda menyaksikan keluhan di dunia Muslim,” kata Johnson.

“Sudah waktunya mengatakan bahwa masalah sebenarnya dengan dunia Muslim adalah Islam,” ungkap Johnson.

Dewan Muslim Inggris mengecam keras pernyataan Boris Johnson dan mengatakan bahwa pernyataan Johnson bersifat rasis dan secara aktif mempromosikan kebencian terhadap Muslim. Pernyataan Boris Johnson kemudian telah menuai kritik luas di media sosial. (DH/MTD)

Sumber : The Guardian | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here