Sekjen Nasdem Jelaskan Penyebab Turunnya Elektabilitas Anies Baswedan

281

Moslemtoday.com : Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengklaim, turunnya tingkat elektoral mantan Gubernur DKI Jakarta itu karena Partai Nasdem tengah melakukan konsolidasi internal.

Karena itu, dia menampik jika elektabilitas Anies Baswedan sebagai calon presiden turun karena meningkatnya tingkat kepuasan publik pada kinerja Presiden Jokowi.

Ia mengklaim, turunnya tingkat elektoral mantan Gubernur DKI Jakarta itu karena Nasdem tengah melakukan konsolidasi internal.

“Di bulan Desember (Nasdem) tidak melakukan apa-apa, karena kami melakukan review dan konsolidasi internal. Wajar dan sangat masuk akal kalau (elektabilitas Anies) turun,” ujar Johnny dalam konferensi pers virtual hasil survei Indikator Politik Indonesia Desember 2022, Rabu 4 Januari 2023.

Ia menyampaikan, elektabilitas Anies pernah mengalami peningkatan pada Oktober hingga November 2022.

Bahkan melampaui capaian elektoral Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Hal itu tak lepas dari upaya Nasdem melakukan pengujian pada basis pemilih Anies.

“Tapi (terjadi) peningkatan signifikan, sangat signifikan. Itu tes basis, tentu ada strateginya, enggak perlu saya kasih (tahu) di sini,” sebut dia.

Dalam pandangannya, tingkat kepuasan publik pada kinerja Jokowi tak mempengaruhi elektabilitas Anies.

Namun, meningkatnya elektabilitas dua figur capres pesaing Anies, Prabowo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak lepas dari kerja-kerja politik yang dilakukan masing-masing.

“Mungkin di saat yang bersamaan aktivitas-aktivitas offensive politik dilakukan lebih luas oleh capres-capres lain. Sehingga trennya naik, sejalan dengan peningkatan kepuasan publik kepada kabinet, kepada Pak Joko Widodo,” imbuhnya.

Sumber : Tribunnews.com, Weblink : https://kupang.tribunnews.com/2023/01/04/sekjen-nasdem-jelaskan-penyebab-turunnya-elektabilitas-anies-baswedan | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here