Sekjen PBB : Perang Dingin Telah Dimulai Kembali

626

Moslemtoday.com : Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa perang dingin telah dimulai kembali menanggapi eskalasi yang meningkat antara AS dan Rusia bersama bersama sekutu-sekutunya di tengah semakin memanasnya krisis di Timur Tengah beberapa hari terakhir.

Guterres memperingatkan ketegangan ini bisa menimbulkan situasi tak terkendali dan beresiko menimbulkan ancaman serius bagi perdamaian dan keamanan global. “Perang Dingin telah dimulai kembali,” ungkap Guterres, seperti dilansir dari media Turki, Daily Sabah, Sabtu, (14/4/18).

Guterres menjelaskan bahwa banyak konflik di Timur Tengah telah menjerumuskan kawasan ini ke dalam kekacauan yang akan mengancam perdamaian dan keamanan dunia. Guterres mengingatkan konflik Israel-Palestina, Konflik Sunni-Syi’ah, Terorisme, dan faktor-faktor lain di wilayah ini seperti konfrontasi antara Rusia dan Barat.

“Multiplisitas ancaman ini tercermin dalam banyaknya konflik dengan berbagai tingkat interkoneksi, beberapa di antaranya jelas terkait dengan ancaman terorisme global,” ujar Guterres.

Guterres mengatakan : “Kita menyaksikan konfrontasi dan perang proksi yang melibatkan banyak negara di Suriah, ada pasukan kelompok oposisi bersenjata, ada milisi nasional dan internasional, ada pejuang asing dari mana saja mereka datang, dan berbagai organisasi teroris lainnya.”

Guterres menyerukan semua pihak untuk menahan diri dan menghentikan segala macam bentuk provokasi yang dapat memicu kekacauan yang lebih luas lagi. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah, Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here