Sekjen PBB Puji Bantuan Lima Kapal Tanker Arab Saudi untuk Yaman

864

Moslemtoday.com : Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, António Guterres memuji bantuan lima kapal tanker yang membawa 180.000 liter bahan bakar yang akan disalurkan di Yaman. Bantuan tersebut merupakan program kemanusiaan dari Koalisi Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi untuk memfasilitasi aksi kemanusiaan di negara tersebut.

“Arab Saudi telah berkomitmen untuk meningkatkan pengiriman bahan bakar untuk program kemanusiaan menjadi satu juta liter per minggu dalam beberapa minggu mendatang,” ungkap Sekjen PBB Guterres, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (27/1/18).

Guterres menjelaskan bahwa bahan bakar akan dikirim sesuai kebutuhan untuk fasilitas kesehatan dan stasiun pengolahan air untuk menjaga agar layanan kemanusiaan tetap berjalan di negara yang telah terlibat konflik perang tersebut.

“Saya juga menyambut baik komitmen Arab Saudi dan UEA untuk memberikan bantuan $1 miliar dolar untuk program kemanusiaan di Yaman, serta komitmen mereka untuk mengumpulkan tambahan $ 500 juta dolar lagi dari para donatur di wilayah tersebut,” ujar Guterres.

Program Bantuan Kemanusiaan di Yaman melalui Yemen Humanitarian Response Plan (YHRP) tahun 2018 yang diluncurkan pada tanggal 20 Januari lalu dengan target dana $2,96 miliar dolar untuk membantu 13,1 juta orang di seluruh negeri Yaman.

Sekretaris Jenderal PBB mendesak semua donatir untuk menyalurkan kontribusi mereka melalui YHRP dan dengan cepat mengubah janji menjadi uang tunai untuk disalurkan kepada rakyat Yaman melalui lembaga bantuan resmi.

Guterres  juga mendesak untuk mengakhiri konflik di Yaman. “Cara paling efektif untuk menangani penderitaan kemanusiaan di Yaman adalah mengakhiri konflik ini,” tegasnya. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.co

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here