Sekretaris Negara AS : Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk Timur Tengah

41

Moslemtoday.com : Sekretaris Negara AS Mike Pompeo pada hari Kamis berusaha meyakinkan sekutu bahwa Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk Timur Tengah meskipun Presiden Donald Trump berencana untuk menarik pasukan dari Suriah.

Pompeo, yang terbang ke Mesir pada Rabu malam di pemberhentian ketiga dalam tur regional, dijadwalkan untuk menyampaikan pidato di Kairo yang menguraikan strategi Washington di Timur Tengah, yang diharapkan akan fokus pada upaya mempertahankan perang melawan Negara Islam dan memerangi ekspansi Iran.

Berbicara pada konferensi pers setelah perundingannya dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry, Pompeo memuji Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi yang berupaya keras untuk memerangi ancaman terorisme yang sedang berlangsung.

“Amerika Serikat di bawah Presiden Trump akan tetap menjadi mitra yang teguh di wilayah itu dengan Mesir dan lainnya,” kata Pompeo saat konferensi pers bersama dengan Shoukry di Kairo. Dia menambahkan, “Kami mendesak setiap negara untuk mengambil tindakan yang berarti untuk menghancurkan terorisme dan mencela akar ideologisnya,” seperti dilansir dari Reuters, Kamis, (10/1/2019).

Pompeo berkeliling kawasan untuk menjelaskan strategi A.S. setelah pengumuman kejutan Trump bulan lalu tentang penarikan tiba-tiba seluruh 2.000 tentara A.S dari Suriah, yang mengguncang sekutu dan mengejutkan pejabat AS, mendorong Menteri Pertahanan Jim Mattis untuk berhenti.

Sumber : Reuters | Redaktur : Aris Abadi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here