Gubernur di Nigeria mengatakan orang asing yang campur tangan dalam Pemilu akan pulang dengan ‘kantong mayat’

148
Gubernur Eksekutif Negara Bagian Kaduna Nasir El-Rufai berbicara selama wawancara dengan Reuters di Kaduna, Nigeria 1 November 2016. REUTERS / Afolabi Sotunde

Moslemtoday.com : Sekutu penting Presiden Nigeria Muhammad Buhari pada hari Rabu mengatakan orang-orang dari luar negeri yang berusaha untuk campur tangan dalam pemilihan negara yang akan diadakan dalam waktu kurang dari seminggu akan kembali dengan kantong mayat. seperti dilansir dari MEMO, Kamis, (7/2/2019).

Nasir El-Rufai, gubernur negara bagian utara Kaduna, membuat komentar selama program diskusi tentang Otoritas Televisi Nigeria ketika topik peran masyarakat internasional dalam pemilihan diangkat. Ini menyusul protes internasional atas penangguhan hakim tinggi Nigeria.

Diskusi tentang peran negara-negara asing dalam pemilihan diangkat pada program di mana referensi dibuat untuk keprihatinan yang diungkapkan oleh Uni Eropa, Amerika Serikat dan Inggris tentang penangguhan Ketua Mahkamah Agung Walter Onnoghen karena diduga melanggar aturan deklarasi aset.

“Kami sedang menunggu orang asing yang akan datang dan turun tangan. Mereka akan kembali dengan kantong mayat karena tidak ada yang akan datang ke Nigeria dan memberi tahu kami bagaimana mengelola negara kami, ”kata El-Rufai.

“Kami telah mendapatkan kemerdekaan itu dan kami berusaha menjalankan negara kami dengan sopan,” katanya.

Pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 16 Februari di Negara produsen minyak terkenal Afrika yang saat di pimpin oleh Muhammad Buhari, seorang penguasa militer pada 1980-an yang terpilih pada tahun 2015,  pada saat itu berhadapan dengan kandidat oposisi utama Atiku Abubakar, seorang pengusaha dan mantan wakil presiden dalam pemilihan yang secara luas dipandang sebagai persaingan ketat, telah menjadi semakin dendam dalam beberapa minggu terakhir.

Tahun lalu Buhari dan Atiku sama-sama menandatangani perjanjian yang menyatakan komitmen untuk mengadakan pemilihan damai.

Mengikuti komentar El-Rufai, oposisi utama Partai Demokrat Rakyat mengatakan akan “dibiarkan tanpa opsi selain mempertimbangkan peninjauan penandatangannya dalam perjanjian damai nasional” jika partai yang berkuasa tidak berhenti “komentar, ancaman dan tindakan provokasi” .

Ketua pengadilan – yang ditangguhkan dan diganti dengan pengganti peran bulan lalu – bisa memimpin perselisihan hasil pemilu. Pengadilan Nigeria telah membantu menyelesaikan perselisihan pemilihan dalam pemilihan masa lalu, beberapa di antaranya telah dinodai oleh kekerasan dan kecurangan dalam pemilihan.

Pekan lalu pemerintah Nigeria mengatakan tidak akan menerima “campur tangan” asing setelah pernyataan oleh Uni Eropa, Amerika Serikat dan Inggris menyatakan kekhawatiran tentang dampak penangguhan hakim jika hasil pemilihan diperselisihkan.

“Sementara keamanan pengamat UE adalah sangat penting, dan akan tetap di bawah peninjauan konstan, pengamat UE akan melanjutkan pekerjaan mereka di seluruh negeri  menjelang pemilihan 16 Februari,” kata misi pengamatan pemilihan Uni Eropa dalam sebuah tweet yang menyatakan bahwa ia mengetahui komentar gubernur.

Sumber : Reusters | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here