Selain Populasi Muslim Meningkat, Masjid dan Islamic Center Juga Bertambah Pesat di Inggris

94

Moslemtoday.com : Pembangunan dan pengembangan masjid di Inggris telah menjadi salah satu prestasi terbesar Muslim Inggris. Dengan lebih dari 2.000 masjid di Inggris, jumlahnya terus bertambah seiring dengan meningkatnya kebutuhan populasi Muslim yang terus meningkat.

Muslim Inggris pun memiliki proyek pengembangan yang sangat baru di Birmingham yang direncanakan menjadi salah satu landmark religi yang baru dan menarik di kota ini.

Seperti dilansir British Muslim Magazine pada Selasa (17/1/2023) dengan masjid enam lantai, pembangunan Pusat Islam Inggris atau Islamic Centre of Britain akan mencakup pusat komersial, pusat pendidikan serta banyak ruang hijau sebagai bagian dari inisiatif proyek ramah lingkungan.

Untuk menghidupkan kembali tradisi dan fungsi masjid yang terlupakan, Islamic Center of Britain berharap dapat menciptakan lingkungan holistik bagi populasi besar Muslim.

Hal unik tentang Islamic Center of Britain adalah tempat ini akan menjadi rumah bagi berbagai kegiatan di luar layanan tradisional yang biasanya ditawarkan oleh masjid.

Pusat pendidikan masjid akan menjadi lingkungan berkembang yang menawarkan sekolah menengah dan dasar penuh waktu untuk ratusan siswa.

Terlebih lagi, akan ada program Islam untuk lebih dari 500 siswa selama kelas Madrasah malam. Juga akan ada pembibitan untuk anak-anak dengan fasilitas pembibitan modern.

Masjid juga akan memiliki pusat komunitas yang akan dikembangkan untuk menyatukan orang-orang untuk bertemu, berkolaborasi, dan terlibat dalam berbagai kegiatan.

Dengan kegiatan rekreasi dan open kitchen, community center ini bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat berkomunitas di lingkungan masjid.

Adapun proyek ramah lingkungan, pengembangan baru akan berkontribusi pada ekosistem dengan tiga ruang hijau khusus, taman atap, taman halaman, taman kontemplasi yang telah digambarkan oleh pusat sebagai permata mahkota dalam proyek hijau Pusat Islam Inggris.

Taman kontemplasi akan menghiasi perkembangan komersial dan residensial, yang juga merupakan bagian besar dari perkembangan baru.

Islamic Center of Britain akan menampilkan kehidupan mewah dengan 12 apartemen dua kamar tidur, dengan tujuan memungkinkan penghuni berada di jantung pusat sementara juga berada di lingkungan Islam dan spiritual.

Unit komersial juga akan dikembangkan yang akan membantu mendukung ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja baru bagi banyak orang dan membantu mempertahankan biaya pusat tersebut.

Semetara itu, Kantor Statistik Nasional Inggris menerbitkan serangkaian angka baru dari sensus 2021. Data menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa kurang dari setengah populasi Inggris dan Wales mengidentifikasikan diri mereka sebagai orang Kristen. Jumlahnya turun 13 persen dalam satu dekade, mencapai 27,5 juta orang.

Sementara jumlah mereka yang mengidentifikasikan diri sebagai tidak beragama atau ateis tumbuh sebesar 12 persen menjadi 22,2 juta orang.

Bahkan ketika Inggris menjadi lebih sekuler, beberapa agama berkembang. Sensus menunjukkan bahwa jumlah umat Islam telah meningkat sebesar 44 persen, dan sekarang menjadi 7 persen dari populasi. Sementara jumlah pemeluk Hindu Inggris mencapai satu juta untuk pertama kalinya pada 2021.

Sumber : Republika.co.id | Weblink : https://www.republika.co.id/berita/roluh6320/selain-populasi-muslim-meningkat-masjid-dan-pusat-islam-di-inggris-juga-bertambah

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here