Semarakkan Hari Santri 2021, Kauman Padang Panjang Gelar Berbagai Lomba

71

Padang Panjang, Kauman_Semarakkan Hari Santri Nasional 2021 yang bersamaan dengan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa Sallam, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang laksanakan berbagai lomba di Aula Buya Hamka yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga, Senin (18/10/2021).

Dalam sambutannya Buya Alizar menyampaikan bahwa, “kegiatan ini momentum bagi semua santri yang ada di seluruh Indonesia untuk memahami hakikat perjuangan para pendahulu dalam merebut kemerdekaan,” ujarnya.

“Sementara Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa Sallam merupakan momen bagi kita semuanya untuk mengambil ibrah dalam meneladani Rasulullah,” tuturnya lagi.

Senada dengan itu, Mudir pondok pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Derliana menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakeholder pondok pesantren atas dedikasi dan kerjasamanya dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Terimakasih kepada seluruh stakeholder Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang yang telah bersinergi sehingga acara ini dapat kita selenggarakan dengan baik dan lancar. Semoga dengan acara ini seluruh civitas akademika mampu memahami hakikat maulid nabi dan juga peringatan hari santri,” ujarnya.

Adapun jenis perlombaan yang diselenggarakan adalah Lomba Nasyid, Qira’atul Qutub, Pidato empat bahasa (Arab, Inggris, Jepang, dan Indonesia), tulis baca puisi, serta lomba tenis meja.

Wakil mudir bidang pengasuhan yang merupakan ketua panitia kegiatan ini, Ihsan Ahda Hasibuan menyampaikan bahwa, “setiap lomba memiliki peranan dalam proses pengembangan bakat dan minat seluruh santri. Jenis perlombaan yang kami pilih merupakan wadah bagi santri kita untuk mengembangkan potensi dirinya,” ujarnya.

“Saat ini skalanya baru internal pondok pesantren Kauman Padang Panjang karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, mudah-mudahan kedepannya akan kita kembangkan lagi antar pondok pesantren dan juga antar sekolah se Sumatera Barat,” tukasnya.

“Sebagai bentuk peranan pondok pesantren dalam melahirkan generasi yang cerdas berkemajuan, tentu wadah-wadah pengembangan bakat ini akan terus kita hadirkan,” ulasnya lagi.

Adapun nama-nama pemenang lomba yang diselenggarakan semenjak hari Senin s.d Selasa, 18 s.d 19 Oktober 2021 adalah sebagai berikut : Pertama untuk Cabang Lomba Puisi, kategori Tingkat Madrasah Aliyah Juara I oleh Muhammad Aqif dan Juara II Adhi Andrizal; sedangkan untuk kategori Madrasah Tsanawiyah Juara I Nur Hazid Emillisqi dan Juara II Tsany Avisiena; Kedua untuk Cabang Lomba Mushabaqah Qira’atul Kutub (MQK), kategori Tingkat Madrasah Aliyah Juara I Nabil Makarim, Juara II Mutiara Ramadhani, Juara III Aura Ilyas Ananta; Ketiga Cabang Lomba Pidato 4 bahasa, kategori Tingkat Madrasah Aliyah Juara I Hanifah dan Juara II Zesa Zazira Nahda, kategori Tingkat Madrasah Tsanawiyah Juara I Rahul Syauqi dan Juara II Widad Mahmudi; Keempat Cabang Lomba Tenis Meja kategori Putra Juara I Ghifari Al Biruni, Juara II Afif Al Faruzi, Juara III Syarif Hidayatullah Hsb dan untuk Tenis Meja kategori Putri Juara I Suci Ramadhani, Juara II Hanifah, Juara III Khadijah Akram.(Zainal/Adi)

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here