Sempat Berselisih, Emir Qatar Undang Putra Mahkota MBS Hadiri Upacara Pembukaan Piala Dunia 2022

126

Moslemtoday.com : Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman tiba di Qatar untuk menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia FIFA pada hari ini, Ahad, 20 November 2022. Putra Mahkota diundang oleh Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Di samping itu, Arab Saudi juga merupakan salah satu dari 32 negara yang lolos mengikuti ajang Piala Dunia 2022, yang akan berlangsung dari tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang, seperti dilansir dari Al Arabiya, Ahad, (20/11/2022).

Putra Mahkota MBS ke Qatar didampingi oleh Delegasi Kerajaan termasuk beberapa menteri dan pejabat tinggi Kerajaan di antaranya : Menteri Luar negeri Pangeran Faisal bin Farhan sebagai Menteri Luar Negeri, Menteri Energi Pangeran Abdulaziz bin Salman bin Abdulaziz dan Menteri Dalam Negeri Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Nayef bin Abdulaziz.

Dikutip dari Reuters, Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dari tahun 2017 hingga Januari 2021 atas tuduhan bahwa Qatar mendukung terorisme. Namun, Pemerintah Qatar membantah tuduhan itu.

Sejak Januari 2021, Arab Saudi dan Mesir memimpin upaya untuk memperbaiki kembali hubungan dan kembali menunjuk duta besar untuk Qatar. Sementara itu, Uni Emirat Arab dan Bahrain belum melakukannya. Saat ini, Arab Saudi, Mesir dan UEA telah sepenuhnya memulihkan hubungan perjalanan dan perdagangan kecuali Bahrain.

Putra Mahkota MBS telah mengunjungi Qatar pada akhir tahun lalu dalam perjalanan resmi pertamanya ke Qatar sejak ia dinobatkan sebagai putra mahkota pada tahun 2017.

Piala Dunia 2022 Qatar merupakan untuk pertama kalinya digelar di Timur Tengah. Qatar berharap berharap acara tersebut akan membawa berbagai manfaat ekonomi yang ingin dibagikan dengan negara tetangganya di Teluk.

Sumber : Al Arabiya, Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here