Sergey Lavrov Nyatakan Rusia Siap Menjadi Penengah Konflik Negara Teluk

54

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengumumkan bahwa negaranya berkeinginan untuk menengahi konflik antara Qatar dengan negara-negara Teluk yang dipimpin Arab Saudi. Lavrov menyatakan bahwa jika ada yang memintanya maka ia akan siap.

“Beberapa waktu yang lalu, anggota dari Dewan Kerjasama Negara Teluk bersama dengan Mesir, melakukan boikot terhadap Qatar,” kata Lavrov ke kantor berita Rusia Sputnik, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Kamis, (24/9/2020).

“Kami siap untuk menjadi penengah untuk menyelesaikan berbagai konflik berdasarkan permintaan pihak manapun, tetapi hingga saat ini kami belum diminta untuk terlibat,” ujar Lavrov.

Sergey Lavrov menekankan bahwa Moskow menjaga hubungan baik dengan seluruh negara, termasuk dengan anggota Dewan Kerjasama Negara Teluk.

“Saya tahu bahwa langkah AS adalah untuk mendamaikan pihak yang berselisih dan mendorong Arab Saudi dan sekutu-sekutu terdekatnya untuk berdamai dengan Qatar,” tambah Lavrov.

Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir telah memboikot Qatar sejak Juni 2017, setelah menyebut Qatar mendukung terorisme. Qatar menolak tuduhan ini dan menuduh kembali negara-negara tersebut telah merusak kedaulatannya dan mengganggu proses pengambilan kebijakan independen negaranya. (LBS/MTD)

Sumber : Middle East Monitor
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here