Seruan Gubernur DKI Tentang Penyelenggaraan Shalat Gerhana Bulan Sesuai Tuntunan Rasulullah

1521

Moslemtoday.com : Berdasarkan data hasil Hisab Falakiyah bahwa akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) di wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan sekitarnya, yang diperkirakan terjadi pada hari Rabu, tanggal 31 Januari 2018.

Berdasarkan data tersebut, Gerhana Bulan Total (GBT) diperkirakan terjadi selama 76 (tujuh puluh enam) menit dimulai pada pukul 19.51 dengan puncaknya pada pukul 20.29 dan akan berakhir pada pukul 21.07.

Sehubungan dengan hal itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Gerhana atau Salat Khusuf sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Berikut Surat Edarannya yang diperoleh Redaksi Moslemtoday.com, Kamis, (25/1/18) :

GUBERNUR PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKITA JAKARTA

SERURAN GUBERNUR PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKITA JAKARTA NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN SHOLAT GERHANA BULAN (KHUSUF)

Berdasarkan hasil Hisab Falakiyah bahwa akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) di wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan sekitarnya, yang diperkirakan terjadi pada hari Rabu, tanggal 31 Januari 2018, dengan ini saya sampaikan hal sebagai berikut :

  1. Bahwa Gerhana Bulan Total (GBT) diperkirakan terjadi selama 76 (tujuh puluh enam) menit dimulai pada pukul 19.51 dengan puncaknya pada pukul 20.29 dan akan berakhir pada pukul 21.07.
  2. Kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Ketua Umum MUI dan Ketua DMI Provinsi DKI Jakarta dimohon untuk mensosialisasikan dan menyampaikan imbauan pelaksanaan Sholat Gerhana Bulan (Khusuf) tersebut kepada lembaga pendidikan, pesantren dan para pengurus Masjid dan Musholla.
  3. Kepada para pengurus Masjid dan Musholla disarankan untuk menyampaikan dan mengajak para jamaah untuk menyelenggarakan Sholat Gerhana Bulan (Khusuf) sesuai tuntunan Rasulullan Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Demikianlah seruan ini disampaikan, atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Dikeluarkan di Jakarta
Pada tanggal 25 Januari 2018

Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta
TTD
Anies Baswedan, Ph.D

Lampiran :

comments

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here