Setelah 28 Tahun, Konsulat Arab Saudi Kembali Dibuka di Basrah, Irak

499

Moslemtoday.com : Pemerintah Irak mengumumkan bahwa Konsulat Arab Saudi akan kembali dibuka di kota Basrah dalam waktu dekat.

Kepala delegasi Saudi, Sheikh Abdulrahman al-Shehri, yang melakukan kunjungan ke kota Basrah hari Ahad kemarin mengatakan bahwa Konsulat akan segera dibuka untuk memberikan layanan bagi peziarah yang akan melakukan Haji dan Umrah dan peluang investasi antar kedua negara.

Seorang pejabat dari kantor Urusan Administrasi Basrah mengatakan dalam siaran pers bahwa kota tersebut akan memfasilitasi semua prosedur yang dibutuhkan untuk membuka kembali konsulat Arab Saudi sesegera mungkin.

Konsulat Arab Saudi di Basrah telah ditutup pada tahun 1990 selama perang Teluk kedua. Kota Basrah dianggap sebagai kota terbesar kedua di Irak dan menjadi tuan rumah lima konsulat lainnya yang mencakup konsulat AS, Rusia dan Iran.

Pada Oktober 2017, Raja Salman bin Abdulaziz dan Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi menandatangani sebuah nota kesepahaman untuk membentuk Dewan Kerjasama Koordinasi Saudi-Irak.

Dewan tersebut, yang disetujui oleh kabinet Saudi pada bulan Agustus, bertujuan untuk meningkatkan tingkat hubungan strategis, investasi dan budaya antara kedua negara, membuka jendela baru bagi Irak untuk menghidupkan kembali ekonominya.

Raja Salman telah berulang kali menekankan pentingnya mendukung Irak, keamanan dan stabilitasnya. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here