Setelah Deklarasi Kemerdekaan, Benny Wenda Kini Minta Bertemu Jokowi

830

Moslemtoday.com : Pemimpin Gerakan separatis Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda yang mendeklarasikan Kemerdekaan Papua Barat pada 1 Desember lalu meminta pertemuan dengan Presiden Jokowi. Menurut Benny, Presiden harus bertemu dengan sesama Presiden.

“Saya siap untuk duduk bersama Presiden Widodo,” ujar Benny dalam keterangan tertulis yang dikutip dari situs resmi ULMWP, Jumat (4/12/2020) seperti dilansir dari Republika.co.id.

Benny menyatakan, pertemuan dilakukan sebagai bentuk pembicaraan antarnegara. Dia ingin semua pihak menyetujui proses untuk mengakhiri konflik yang selama ini terjadi di Tanah Cenderawasih. Proses itu, yakni melalui mekanisme mediasi internasional.

“Komisaris Tinggi PBB harus diizinkan masuk, sesuai dengan seruan dari 82 negara. Presiden harus mengakhiri darurat militer di Papua Barat dan duduk untuk berbicara,” ungkap Benny.

Benny juga menyatakan tidak akan lagi tunduk kepada aturan-aturan dari Jakarta atau pemerintah Indonesia.

Benny menolak perpanjangan Otonomi Khusus (Otsus) Papua. “Mulai hari ini, 1 Desember 2020, kami mulai menerapkan konstitusi kami sendiri dan mengklaim kembali tanah kedaulatan kami,” ungkap Benny dalam keterangan resminya.

Sumber : Republika.co.id

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here