Simon Collins, Sosok Dubes Inggris Pertama yang Tunaikan Ibadah Haji

2797

Moslemtoday.com : Simon Collins, menjadi duta besar Inggris untuk Arab Saudi pertama pergi haji kala menjalankan tugasnya di Negara Kerajaan tersebut.

Unggahan gambar Collins dan istrinya Huda Mujarkech dengan pakaian ihram terpampang di akut Twitter Fawzia Al Bakr dengan komentar dalam bahasa Arab, “duta besar Inggris untuk Saudi laksanakan ibadah Haji usai masuk Islam: Simon Collis dengan istrinya Huda di Makkah”, Demikian sebagaimana dilansir dari Gulfnews, Rabu (14/9/2016).

Diplomat dan istrinya berterimakasih pada Fawziah, seorang penulis dan aktivis akan cuitannya tersebut, seperti diberitakan situs Saudi Al Marsad kemarin.

Collins menjadi duta besar untuk Arab Saudi pada Januari 2015. Sebelumnya, ia ditempatkan di Doha, Baghdad dan Damaskus, dan sejumlah negara lain.

Sejak bergabung dengan Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris, Collins sebagian besar menjalankan tugasnya di Timur Tengah dan Asia Selatan.

Menurut biografi resminya, Collis bergabung dengan Kantor Kementerian Luar Negeri tahun 1978 usai belajar bahasa Arab dan dinas di beberapa negara Timur Tengah dan Asia Selatan.

Penempatan pertamanya adalah di Bahrain tahun 1981 sampai 1984. Dia juga menjalani dinas di Tunisia sebagai Kepala Deputi selama dua tahun, 1988 sampai 1990. Selain di Tunisia, jabatan serupa juga diembannya kala misi di Amman 1996 sampai 1999. Menjabat sebagai Konsulat Jenderal di Dubai pada 2000 sampai 2004, dan di Basra pada jabatan serupa pada 2004 sampai 2005. (DH)

Sumber : Gulfnews

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here