Siswi Non-Muslim di SMKN 2 Padang Mulai Tidak Berjilbab ke Sekolah

254
Siswi Non-Muslim dan Teman-temannya di kelas. Sumber Foto : KOMPAS/YOLA SASTRA

Moslemtoday.com : Sebagian siswi non-Muslim di SMKN 2 Padang, Sumatera Barat, mulai tampak tidak berjilbab saat ke sekolah. Mereka tidak lagi mengenakan jilbab ke sekolah karena adanya instruksi tegas dari Mendikbud Nadiem Makarim bahwa tidak boleh ada pemaksaan penggunaan jilbab, terutama bagi siswi non-Muslim.

Setidaknya lima siswi non-Muslim yang mendapat giliran belajar tatap muka di beberapa kelas tidak lagi berjilbab.

”Ada aturan dari pemerintah, langsung dari Menteri (Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim), bahwa diizinkan non-Muslim tidak pakai jilbab di sekolah. Jadi, sekarang saya lebih memilih tidak memakai jilbab,” kata Angelina, seperti dilansir dari KOMPAS, Selasa, (28/1/2021).

Hal senada diungkapkan Novi Kurnia Wati Zalukhu, siswi kelas XII di kelas lainnya. Novi mengatakan, dengan adanya tuntutan dari ayah Jeni Cahyani Hia agar siswi non-Muslim diizinkan tidak berjilbab, ia dan beberapa temannya berani dan sepakat tidak mengenakan jilbab ke sekolah.

”Dari dulu memang ingin tidak pakai jilbab. Namun, saat itu, belum ada aturan tegas. Makanya, saya tetap pakai jilbab,” kata Novi.

Karena pertama kali tidak mengenakan jilbab di sekolah dan penampilannya berbeda dari sebagian besar teman sekelasnya, Novi awalnya merasa canggung. Teman-temannya juga agak terkejut dengan penampilan barunya. Namun kemudian Novi dan teman-temannya perlahan terbiasa. Perlakuan teman-teman terhadap Novi juga tidak berubah.

Sumber : KOMPAS

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here