Situasi Memburuk, Indonesia Serukan Gencatan Senjata dan Penyaluran Bantuan Kemanusiaan di Aleppo

1663

Moslemtoday.com : Situasi semakin memburuk, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyerukan gencatan senjata dan penyaluran bantuan kemanusiaan bagi korban konflik di Aleppo, Suriah.

“Indonesia sangat khawatir dengan semakin memburuknya situasi kemanusiaan di Aleppo, Suriah. Konflik di Suriah telah memakan banyak korban dari kalangan warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak,” kata Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam keterangan pers, Sabtu, (17/12/2016).

Jakarta, 17 Desember 2016: Pemerintah Indonesia terus mengikuti berbagai perkembangan di Aleppo, Suriah.

Indonesia sangat khawatir dengan semakin memburuknya situasi kemanusiaan di Aleppo, Suriah. Konflik di Suriah telah memakan banyak korban dari kalangan warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak.

Indonesia serukan agar gencatan senjata segera dicapai dan meminta agar pemberian bantuan kemanusiaan menjadi prioritas bagi semua pihak. Indonesia mendorong agar akses penuh dan tanpa hambatan segera diberikan bagi penyaluran bantuan kemanusiaan untuk warga Suriah di kota Aleppo dan wilayah Suriah lainnya, khususnya yang dilakukan baik oleh PBB maupun organisasi kemanusiaan internasional lainnya.

Indonesia menyerukan agar proses perundingan perdamaian secara inklusif dan bersifat non-sectarian antara pihak yang bertikai segera dimulai kembali.

Indonesia juga mendorong agar Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah secara konkrit terhadap tercapainya gencatan senjata dan penghentian kekerasan, serta dalam penyelesaian konflik di Suriah yang telah berlangsung lebih dari lima tahun.

Indonesia menekankan pentingnya penyelesaian konflik di Suriah, melalui perundingan dan negosiasi serta harus menghormati prinsip-prinsip seperti perlindungan dan penghormatan terhadap HAM, dan  penghormatan terhadap kedaulatan, integritas dan keutuhan wilayah Suriah.

Sumber : Kemlu RI

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here