Soal Larangan Cadar, IAIN Bukittinggi Abaikan Peringatan MUI Sumbar

3456

Moslemtoday.com : IAIN Sjech M Djamil Djambek belakangan menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, kampus yang terletak di Bukittinggi ini menerapkan larangan bercadar bagi mahasiswa dan dosen perempuan.

Rupanya, kebijakan yang disampaikan melalui surat edaran tertanggal 20 Februari itu telah mendapatkan teguran dari MUI Sumatera Barat. Hal itu disampaikan oleh Buya Gusrizal Gazahar selaku ketua MUI Sumbar yang juga mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi.

Awalnya, Buya Gusrizal menyampaikan masukan agar larangan ini dicabut melalui pesan singkat atas nama pribadi kepada pimpinan kampus. Sayangnya, masukkan itu tidak menjadi pertimbangan oleh pihak kampus.

“Sudah saya Ingatkan. Saya melihat tidak ada alasan. Semuanya mengatakan ini peraturan, ini kewenangan, ini adalah kode etik kampus tetapi saya tidak melihat kemana rujukan,” tegasnya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (15/03/2018).

Baca juga :

Buya Gusrizal melihat bahwa larangan bercadar itu tidak memiliki rujukan baik aturan yang berlaku di Indonesia maupun atas dasar syariat. Sebaliknya larangan bercadar ini justru akan memperburuk nama institusi Islam.

“Karena tidak bisa diingatkan dengan begitu ya sudah saya bikin statement atas nama Majelis Ulama. Nah semoga mereka bisa sadar. Kalau tidak, itu bisa memperburuk citra IAIN sendiri di mata masyarakat dan umat di Sumatera Barat,” jelasnya.

Oleh sebab itu, aturan larangan bercadar di IAIN Bukittinggi dipandang merupakan kebijakan yang arogan. Padahal dari sisi fiqih, Buya Gusrizal menegaskan bahwa bercadar merupakan perkara khilafiah. Namun tak satupun ulama yang melarangnya, bahkan justru ada yang menganjurkan.

“Khilafiah bercadar itu pada kekuatan perintahnya. Apakah itu sampai ke tingkat wajib atau sampai ke tingkat sunnah atau mubah. Jadi ikhtilafnya di sana. Tidak ada ulama satupun yang menyatakan bahwa bercadar itu haram. jadi berdasarkan kajian fiqihnya, IAIN tidak jelas juga itu landasannya. Saya sudah katakan,” tutupnya.

Sumber : Kiblat.net, Buya Gusrizal Gazahar (Ketum MUI Sumatera Barat)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here