Sosialisasi Program MADINA Bertabur Hadiah

65

Padang Panjang, Humas_Buya H. ALIZAR Datuak Sindo Nan Tongga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang didampingi Kasi PHU Endang Sriyani, Kasubbag TU H. Bustami, Kasi Penmad Emi Ratna Aprilana, Kasi Bimas Islam H. Syaiful Arifin beserta JFT dan JFU jajaran ASN Kankemenag turun gunung Sosialisasi Program MADINA (Program Haji Dini Muda) ke MAN 3 Kota Padang Panjang, Rabu (09/02/2022).

Tidak tanggung-tanggung, dalam kesempatan ini dibagikan 8 Voucher senilai RP. 800.000,- dari Bank persepsi (Bank Syariah Indonesia dan Bank Nagari Syariah Cabang Padang Panjang) dan 10 Doorprize dari Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang beserta hadiah lainnya.

Sosialisasi Program Haji Dini Haji Muda (MADINA) merupakan program Inovasi Kementerian Agama Kota Padang Panjang Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) dalam rangka menyikapi antrian berangkat haji (waiting list) di Indonesia.

Kasi PHU Endang Sriyani menyampaikan bahwa, “Masa tunggu (waiting list) jema’ah haji Indonesi tercepat itu di Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur yakninya 9 Tahun dan masa tunggu terlama di Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan yakninya 45 Tahun. Sedangkan untuk Waiting List Jemaah Haji Provinsi Sumatera Barat saat ini adalah 23 Tahun. Menyikapi kondisi tersebut, maka kita luncurkan Program Inovasi MADINA dari Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang bersama Madrasah Negeri dan berkolaborasi dengan Bank Persepsi untuk mengajak siswa Madrasah Menabung Haji,” ujarnya.

Menguatkan sambutan Kasi PHU, Kakankemenag Kota Padang Panjang menyampaikan bahwa, “23 tahun adalah waktu tunggu yang sangat lama, jika Siswa Madrasah mendaftar haji sekarang yang rata-rata berumur 17 tahun, berarti berangkat Haji nya diperkiaran Umur 40 Tahun pada 2045 dalam hitungan Masehi, maka itu adalah waktu usia yang ideal,” tuturnya.

“Maka sudah tepat kiranya jika siswa Madrasah khususnya di Kota Padang Panjang ikut serta menyukseskan Program Haji Dini Haji Muda (MADINA) Inovasi Kementerian Agama Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) dengan Bank Persepsi,” ulasnya.

Sementara itu Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kota Padang Panjang Dariman sangat menyambut baik program ini dan mengucapkan terimakasih kepada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, yang telah memilih MAN 3 sebagai tempat kegiatan sosialisasi.

“Kami mengucapkan terimakasih yang tak terhinggga kepada Kankemenag Kota Padang Panjang beserta jajaran yang telah melakukan sosialisai program MADINA yang sangat luar biasa. Seluruh Civitas Akademika MAN 3 Kota Padang Panjang siap mendukung dan menyukseskan program ini sekarang juga serta berlanjut dimasa mendatang,” tuturnya.

Semoga kedepannya kalau masih ada kegiatan serupa, mohon kiranya dibawa kesini. Kami keluarga besar MAN 3 Padang Panjang siapa mendukung dan menyukseskan,” tukasnya.

Diakhir kegiatan Sosialisasi, dibagikan dibagikan 8 Voucher senilai RP. 800.000,- dan 10 Doorprize kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dari Kakankemenag seputar Penyelenggaraaan Ibadah Haji dan Umrah.

Seluruh siswa yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan Sosialisasi dan berhasil menjawab seluruh pertanyaan dari Kakankemenag beserta jajaran maupun dari pimpinan Bank Persepsi.

Kegiatan sosialisai ini akan dilanjutkan dalam waktu dekat pada tiga Madrasah Negeri yang ada di Kota Padang Panjang, MAN 1 Kota Padang Panjang, MAN 2 Kota Padang Panjang dan MTsN Kota Padang Panjang. (Adi)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here