Sudan Memutuskan Semua Hubungan dengan Korea Utara

1321

Moslemtoday.com : Kementerian Luar Negeri Sudan mengatakan bahwa negaranya telah memutuskan semua hubungan dengan Korea Utara.

“Pemerintah Sudan telah membatalkan semua kontrak yang ditandatangani dengan Korea Utara dan juga mengakhiri hubungan mereka, langsung ataupun melalui pihak ketiga dengan Korea Utara,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Sudan, seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis, (7/6/2018).

Sudan mengatakan bahwa keputusan itu merupakan bagian dari komitmen negaranya terhadap Perjanjian Non-Proliferasi Internasional dan pemberlakuan sanksi terhadap Pyongyang.

“Sudan juga membentuk komite untuk menerapkan sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap Pyongyang,” tambah kementerian itu.

Sudan telah menderita krisis ekonomi berkepanjangan akibat sanksi AS terhadap negara tersebut atas dugaan “sponsor terorisme” bersama dengan Korea Utara, Iran dan Suriah. Pemutusan hubungan dengan Korea Utara tampaknya akan membantu ekonomi Sudan yang sedang sakit.

Pejabat Sudan mengatakan bahwa memiliki hubungan dengan Pyongyang membuat bank-bank internasional dan investor takut berbisnis di Sudan dan pada gilirannya menghambat kebangkitan ekonomi di negara itu. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here