Surat Terbuka dari Al Jazeera

1892

Moslemtoday.com : Lebih dari dua dekade yang lalu, Al Jazeera Arabic diluncurkan dengan misi sederhana: memberikan informasi yang dapat dipercaya kepada pemirsa di seluruh dunia Arab. Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2006, Al Jazeera Inggris mulai mengudara dengan misi yang sama: memberikan informasi yang akurat, seimbang dan tidak memihak kepada pemirsa di seluruh dunia.

Ketika Al Jazeera Arabic disiarkan pada tahun 1996, itu menjadi sesuati yang unik di dunia Arab. Sebagian besar media di wilayah ini pada waktu itu hanya menjadi juru bicara yang dikendalikan negara dan penguasa di wilayah tersebut. Al Jazeera tampil berbeda, suara yang benar-benar independen, dengan misi untuk mendengar dan melaporkan peristiwa, meliput kejadian dengan keseimbangan dan integritas, dan memegang tekad untuk diperhitungkan.

Al Jazeera Arabic dengan cepat memperoleh pemirsa setia dan besar di dunia Arab. Informasi yang kami berikan menjadi pedoman bagi jutaan orang yang ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi di sekitar mereka.

Al Jazeera Arabic tetap menjadi saluran berita yang paling banyak ditonton di dunia Arab sepanjang sejarahnya. Al Jazeera Arabic memiliki lebih banyak pemirsa daripada pesaing-pesaingnya di Timur Tengah.

Sedangkan Saluran Al Jazeera berbahasa Inggris telah mengudara di lebih dari 130 negara di seluruh dunia, dan ditonton oleh puluhan juta orang yang menghormati jurnalisme Al Jazeera. Pemirsa global setia kepada Al Jazeera karena komitmen kami terus menerus terhadap jurnalisme; Dedikasi kami untuk meliput berita secara tidak memihak; dan tekad kami untuk menceritakan kisah tanpa intervensi dan dengan integritas total.

Kami di Al Jazeera percaya pada misi kami: Orang memiliki hak untuk mendapatkan informasi. Mereka memiliki hak untuk mendapatkan berita yang tidak dikendalikan oleh pihak berwenang. Mereka memiliki hak untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia mereka. Sama halnya, orang memiliki hak untuk memiliki suara. Agar cerita mereka diceritakan saat mereka perlu untuk didengar.

Kebebasan berbicara  dan kebebasan bagi wartawan untuk melaksanakan tanggung jawab mereka telah menjadi norma dan nilai yang berlaku di banyak negara, namun ini adalah menjadi hak yang sering ditantang oleh perpolitikan di dunia Arab. Kami yakin hak untuk mendapatkan informasi yang terpercaya adalah salah satu fondasi masyarakat yang sejahtera.

‘Suara Untuk Yang Tak Mampu Bersuara’

Sepanjang sejarah panjang kami, kami tetap teguh dalam komitmen kami terhadap berita, menyeimbangkan jurnalisme, dan menemukan dan meliput berita. Kami telah memberikan suara untuk yang tidak mampu bersuara. Kami telah menyoroti orang-orang dan cerita-cerita yang seharusnya tetap ada dalam kenangan. Dan kita selalu melakukannya dengan tanggung jawab dan integritas.

Wartawan dari seluruh wilayah di dunia telah bergabung dengan Al Jazeera karena mereka percaya pada misi jurnalisme kami yang baik, dan tanggung jawab yang menyertainya. Setiap hari kami meliput berita dari seluruh dunia Arab, Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika Utara dan Selatan.

Kami memiliki lebih dari 3.000 staf yang paling berbakat dan beragam di dunia. Komitmen merekalah yang telah membuat Al Jazeera seperti sekarang ini. Kami memiliki biro di lebih dari 70 lokasi di seluruh dunia, termasuk kantor pusat kami di Doha dan pusat siaran di London dan Washington, DC, yang dikelola oleh wartawan dengan keberanian dan etos kerjanya yang tidak tergoyahkan.

Mereka melaporkan kejadian tersebut secara langsung. Mereka melaporkan dengan integritas. Mereka melakukan pekerjaan mereka dengan penuh gairah, dan dengan tanggung jawab. Komitmen mereka untuk mendengar suara orang-orang yang tertekan dan kami menyediakan acara bagi mereka untuk dapat dilihat semua orang.

Staf kami adalah fondasi kami. Mereka memastikan jurnalisme kita berkualitas tinggi, tidak memihak, dan memiliki integritas. Jutaan pemirsa kami adalah bukti kualitas pekerjaan kami. Setiap menit setiap hari, di puluhan negara, di setiap platform distribusi, jutaan orang memilih Al Jazeera sebagai sumber informasi mereka.

Jika kita tidak memiliki integritas, jika kita tidak dapat diandalkan, pemirsa kita cukup cerdas untuk menilai dan akan mematikan siaran kami. Selama lebih dari 20 tahun mereka tetap setia kepada Al Jazeera, dan kami selalu setia kepada mereka dan sesuai dengan permintaan informasi mereka.

Kami telah dituduh begini begitu, menghasut Dunia Arab, memiliki sebuah agenda terselubung, dan mendukung satu kelompok di atas kelompok lain. Kami menolak tuduhan ini dan siaran kami merupakan bukti integritas kami.

Semua liputan kami ada di dalam bentuk online dan di TV agar bisa dilihat dan dicermati. Dengan meliput acara seperti Musim Semi Arab, kami tidak merekayasa acara tersebut. Dan seperti peran jurnalisme yang baik, kita tidak berpihak, sebaliknya, kita memegang teguh independensi media.

Kemana Arah Al Jazeera

Kami pernah dituduh begini begitu karena Al Jazeera Arabic adalah jaringan media Arab pertama yang memiliki narasumber dan komentator Israel di udara. Tapi apa yang kami lakukan adalah untuk memastikan kami mendengar dan menangkap semua suara yang relevan dalam pencarian jurnalisme yang baik.

Kami dituduh mendukung ekstremisme ketika kami mewawancarai anggota Taliban, namun sebenarnya kami mengajukan pertanyaan sulit dan memastikan kami menangkap semua sisi cerita tersebut.

Kami membela kebebasan berekspresi dan percaya pada hak masyarakat atas pengetahuan. Kami tidak berpihak. Kami bukan utusan atau juru bicara seseorang/pemerintah dan kami tidak pernah melakukannya.

Al Jazeera – seperti semua organisasi media yang kredibel – telah ditantang sepanjang sejarahnya. Kami telah dikritik karena jurnalisme kami menunjukkan apa yang sebenarnya sedang terjadi, dan terkadang pemerintah, perusahaan atau individu tidak menginginkan apa yang mereka lakukan untuk dilihat.

Kantor-kantor kami telah ditutup di masa lalu oleh negara-negara tertentu yang tidak menginginkan kebenaran untuk dilihat. Baru-baru ini oleh Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA) dan Mesir. TV satelit dan media online yang mendistribusikan saluran kami telah diblokir oleh pemerintah mereka untuk mencegah orang mereka melihat konten kami.

Staf Al Jazeera telah diancam, dikurung, dan dibunuh sebagai konsekuensi menjalankan tugas mereka sebagai wartawan. Rekan kami di Irak, Suriah dan tempat lain telah membayar harga tertinggi saat melakukan pekerjaan mereka.

Kami juga melaporkan masalah kritis dan mungkin memalukan bagi Qatar, termasuk nasib pekerja di lokasi konstruksi dan tuduhan pelanggaran hak bagi pekerja.

Kami telah meliput berita yang kemudian diserang oleh Bahrain, UEA dan Arab Saudi karena kami menunjukkan apa yang sebenarnya sedang terjadi. Mesir tidak hanya menyerang Al Jazeera karena liputannya, tapi juga, dengan mengejutkan, memenjarakan dan menghukum rekan-rekan kami, yang satu-satunya tuduhannya adalah komitmen mereka terhadap jurnalisme yang hebat.

Negara-negara seperti Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan UEA dapat membungkam media mereka sendiri dan kebebasan rakyat mereka sendiri untuk berbicara, mereka menginginkan kita tutup. Tapi kami Al Jazeera independen dan ditonton oleh banyak pemirsa di dunia Arab.

Jurnalisme yang handal

Terlepas dari tekanan yang diberikan pada Al Jazeera oleh negara-negara ini, dan seruan mereka untuk menutup kami, kami telah meliput wilayah dan kejadian dengan keseimbangan dan ketidakberpihakan, dan kami akan terus melakukannya.

Kami adalah jaringan yang ada untuk menjangkau semua orang; Untuk mendengar cerita manusia dari seluruh pelosok dunia; Dan untuk memastikan informasi kami dapat dicermati di setiap negara dan dari setiap orang yang menonton atau membaca berita kami.

Upaya untuk membungkam Al Jazeera adalah usaha untuk membungkam jurnalisme independen di wilayah ini, dan untuk menantang kebebasan setiap orang untuk bereskpresi dan mengemukakan pendapat. Ini tidak boleh terjadi.

Kami sangat bangga dengan jurnalisme kami. Kami menghargai – dan berterima kasih kepada – setiap orang yang kami laporkan, dan setiap orang yang kami informasikan. Kami tetap teguh dalam melaksanakan tanggung jawab kami untuk menyediakan informasi yang andal, akurat dan tidak memihak.

Kami tetap teguh dalam tekad kami untuk terus melakukannya, dan kami akan terus melanjutkan untuk menceritakan kisah-kisah dunia dari Kabul ke Caracas dan dari Mosul ke Sydney.

Kami akan terus melakukan pekerjaan kami dengan integritas. Kami akan terus berani dalam mengejar kebenaran. Dan kami akan terus menghormati hak setiap orang untuk didengar. (DH/MTD)

Sumber: Al Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/news/2017/06/open-letter-al-jazeera-170626125049180.html

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here