Suriah Ancam Tembak Jatuh Jet Tempur Turki

705

Moslemtoday.com : Suriah mengancam akan menembak jatuh pesawat tempur Turki yang terbang ke wilayahnya saat Ankara bersiap untuk meluncurkan sebuah operasi militer lintas batas untuk memerangi milisi Kurdi yang disebutnya sebagai “teroris”.

Pemerintah Suriah memperingatkan Turki bahwa pihaknya akan menembak jatuh jet tempur Turki jika terbang memasuki wilayah udara Suriah.

“Kami memperingatkan bahwa Angkatan Udara Suriah siap untuk menghancurkan jet tempur Turki di langit Suriah,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Faisal Mekdad seperti dilansir dari Al Jazeera, Jumat, (19/1/18).

“Kami memperingatkan para pemimpin Turki bahwa jika mereka mulai berperang di wilayah Afrin, ini akan dilihat sebagai agresi oleh tentara Turki melawan kedaulatan Suriah,” tambahnya.

Turki telah berulang kali menyatakan akan melakukan serangan terhadap milisi Kurdi-Suriah dikenal sebagai YPG di wilayah Afrin di utara Suriah, dekat perbatasan dengan Turki.

Langkah tersebut diambil Turki setelah laporan mengungkapkan rencana AS untuk membentuk angkatan bersenjata baru dengan 30.000 pasukan yang berasal dari pejuang Kurdi di Suriah utara.

Milisi Kurdi sekarang menguasai hampir 25 persen wilayah Suriah. Menurut laporan media mengutip pejabat AS, koalisi pimpinan AS akan merekrut sekitar setengah dari pasukan Angkatan Bersenjata Suriah (SDF), pasukan bersenjata yang didominasi oleh People’s Protection Unit (YPG).

Ankara menganggap pejuang YPG Kurdi sebagai organisasi “teroris” yang memiliki hubungan dengan pemberontak Kurdi (PKK) di Turki. Sementara itu, AS memandang YPG sebagai kekuatan tempur yang sangat efektif melawan ISIS. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here