Suriah dihantui Senjata Kimia setelah kepergian AS

157
Ilustrasi/sumber : Reuters

Moslemtoday.com : Setelah ditariknya pasukan AS dari Suriah, penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton memperingatkan pemerintah Suriah untuk tidak menggunakan senjata kimia. sebab ia mencemaskan penarikan pasukan AS dari suriah di manfaatkan oleh rezim Suriah.

“Sama sekali tidak ada perubahan posisi AS dalam merspon penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah, seperti respon sebelumnya yang telah kami lakukan dua kali kepada rezim Suriah” Bolton mengatakan kepada wartawan di pesawatnya sesaat sebelum mendarat di Tel Aviv, Israel. seperti dilansir dari reuters, Sabtu, (5/1/2019).

Trump telah dua kali membom Suriah atas dugaan penggunaan senjata kimia oleh pemerintah, pada bulan April 2017 dan April 2018. Pada bulan September seorang pejabat senior AS mengatakan ada bukti yang menunjukkan senjata kimia sedang dipersiapkan oleh pasukan pemerintah Suriah di Idlib.

Lebih dari setengah juta orang tewas selama perang Suriah dan 11 juta orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka.

Bolton menambahkan: “Ketika kami menggambarkan apa yang akan terjadi dan bagaimana situasinya setelah penarikan (pasukan AS) , kami tidak ingin rezim Assad memanfaatkan situasi untuk penggunaan senjata pemusnah massal,” katanya.

Jika senjata kimia tetap digunakan, “banyak pilihan ada di atas meja … jika mereka tidak mengindahkan pelajaran dari dua serangan itu, yang berikutnya akan lebih jelas,” kata Bolton.

Sumber : reuters  | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here