Suriah : Perang Tidak Akan Berakhir Jika Oposisi Terus Menuntut Assad Mundur

1098

Moslemtoday.com : Kepala delegasi pemerintah Suriah, Bashar al-Jaafari mengatakan tidak akan ada kemajuan dalam pembicaraan untuk mengakhiri perang Suriah, jika pihak oposisi terus menuntut Bashar al-Assad turun.

Delegasi tersebut telah kembali ke Damaskus dan mengatakan bahwa pihaknya tidak memutuskan apakah akan kembali ke Jenewa saat perundingan dilanjutkan pada hari Selasa mendatang.

Perundingan yang diinisiasi PBB tersebut awalnya berbasis di seputar tujuan pemerintah transisi yang didukung PBB. Namun pemerintah Suriah, yang didukung oleh sekutu Rusia dan Utusan Khusus PBB Staffan de Mistura telah mundur dari perundingan tersebut.

Konstelasi konflik Suriah kini makin rumit. Perang dipicu ketidakpuasan rakyat atas rezim di Damaskus. Tapi di belakang layar juga ada negara lain yang ikut terlibat, baik yang punya kepentingan atau tunggangi konflik.

Presiden Suriah Bashar Assad bersama rezim di Damaskus adalah penyebab utama pecahnya perang saudara yang dimulai 2011. Rakyat yang tak puas atas kepemimpinannya 4 tahun silam menggelar berbagai aksi protes yang dijawab dengan tembakan peluru tajam. Sumbu peledak perang adalah tewasnya beberapa remaja yang menggambar grafiti anti Assad di tahanan aparat keamanan.

Mereka menamakan diri kelompok oposisi. Dalam kenyataanya mereka adalah kelompok militan yang punya berbagai agenda, dan kebetulan punya satu sasaran, yaitu menumbangkan rezim Bashar al Assad. Kelompok paling menonjol adalah Free Syrian Army, serta Front al Nusra yang merupakan cabang al Qaida di Suriah. Akibat perang saudara, 300.000 tewas dan lebih 12 juta warga Suriah mengungsi.

Sumber : Al Jazeera | DW

📲 Akses lebih mudah… Install aplikasi Moslemtoday.com di Play Store: klik: https://play.google.com
📪 Mari gabung bersama media sosial Moslemtoday.com, silakan klik : Telegram : Grup, Channel, Instagram, WhatsApp: Grup 1, Grup 2, Grup 3, Grup 4, Twitter, Facebook

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here