Survei ISEAS : Mayoritas Negara-negara ASEAN Mewaspadai Kebangkitan China

77
Image Source : http://cnnphilippines.com

Moslemtoday.com : Negara-negara di Asia Tenggara mengungkapkan kekhawatirannya dalam bernegosiasi mengenai proyek andalan China, Belt and Road Initiative (BRI) untuk menghindari terjebak dalam hutang dengan negeri Tirai Bambu tersebut.

Sebuah survei yang dirilis oleh ISEAS-Yusof Ishak Institute yang berafiliasi dengan pemerintah Singapura melakukan jajak pendapat terhadap 1.008 responden dari sepuluh negara anggota ASEAN dengan melibatkan pemerintah, komunitas akademik, pebisnis, masyarakat sipil dan media.

Hasil survei tersebut mengungkapkan bahwa mayoritas negara-negara anggota ASEAN khawatir dengan semakin meningkatnya pengaruh China di kawasan tersebut di tengah perang dagang antara AS-China dan semakin melemahnya pengaruh AS di Asia Tenggara.

Hampir setengah dari responden mengatakan inisiatif utama Belt and Road inisiatif Presiden Xi Jinping akan membawa ASEAN “lebih dekat ke orbit China,” sementara sepertiga responden mengatakan proyek tersebut kurang transparan dan 16 persen memperkirakan proyek itu akan gagal.

70 % responden meminta pemerintah mereka “harus berhati-hati dalam menegosiasikan proyek-proyek BRI untuk menghindari masuk ke dalam perangkap utang dengan China,” dengan jajak pendapat yang paling menonjol di Malaysia, Myanmar dan Indonesia.

Beberapa pemerintah Barat menuduh China menarik negara-negara ke dalam perangkap utang dengan inisiatif tersebut, sebuah tuduhan yang telah dibantah oleh China.

Hanya 9 % yang melihat China sebagai “kekuatan yang ramah dan baik hati,” dengan hampir setengah mengatakan China memiliki “niat untuk mengubah Asia Tenggara menjadi wilayah pengaruhnya.” (DH/MTD)

Sumber : ISEAS, CBN | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here