Survei: Semakin Banyak Warga Turki yang Menjadi Atheis di Masa Pemerintahan Erdogan

1850

Moslemtoday.com : Sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Lembaga Survei Konda mengungkapkan bahwa semakin banyak orang Turki yang mengidentifikasi diri mereka sebagai ateis. Konda melaporkan bahwa jumlah orang yang menjadi atheis meningkat tiga kali lipat dalam 10 tahun terakhir. Juga ditemukan bahwa warga Turki yang mengatakan mereka menganut Islam turun dari 55 persen menjadi 51 persen.

“Ada pemaksaan agama di Turki,” kata ilmuwan Ahmet Balyemez, yang telah menjadi ateis selama lebih dari 10 tahun. “Orang-orang bertanya pada diri sendiri: Apakah ini Islam yang sebenarnya? Ketika kita melihat politik pembuat keputusan kita, kita dapat melihat mereka mencoba meniru era pertama Islam. Jadi, apa yang kita lihat saat ini adalah Islam Purbakala,” ungkap Balyemez seperti dilansir dari Deutsche Welle, Jumat, (11/1/2019).

Balyemez mengatakan bahwa dia tumbuh dalam keluarga yang sangat religius. “Berpuasa dan berdoa adalah hal yang paling normal bagi saya. Tetapi kemudian, pada suatu titik, saya memutuskan untuk menjadi seorang ateis,” ujarnya.

Diyanet, direktorat resmi urusan agama Turki menyatakan pada tahun 2014 bahwa lebih dari 99 persen populasi mengidentifikasikan sebagai Muslim. Ketika survei Konda baru-baru ini dengan bukti yang bertentangan diterbitkan, debat publik yang panas pun terjadi.

Teolog Cemil Kilic percaya bahwa kedua laporan itu benar. “Meskipun 99 persen orang Turki beragama Islam, banyak yang hanya mempraktikkan keyakinan dalam arti budaya dan sosiologis. Mereka adalah budaya, bukan spiritual Muslim,” kata Cemil Kilic.

Selama hampir 16 tahun di bawah kepemimpinan Recep Tayyip Erdogan, pertama sebagai perdana menteri dan sejak 2014 sebagai presiden, para pejabat Turki semakin menggunakan Islam untuk membenarkan kebijakan politik mereka.

“Orang-orang Turki menolak penafsiran Islam yang dominan, sekte, komunitas agama, direktorat urusan agama dan mereka yang berkuasa. Mereka tidak menginginkan agama seperti ini dan bentuk kesalehan resmi seperti ini. Hal inilah yang membuat mengapa sekarang banyak orang Turki menyatakan diri mereka sebagai ateis,” tutup Kilic. (DH/MTD)

Sumber : Deutsche Welle, Konda | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here