Survei Voxpol: Mayoritas Masyarakat Berpendidikan Tinggi Pilih Anies Baswedan

303

Moslemtoday.com : Survei Voxpol Center Research and Consulting yang dilakukan pada November 2022, menunjukkan mayoritas masyarakat berpendidikan tinggi memilih Anies Baswedan. Eks Gubernur DKI Jakarta itu berada di urutan pertama dengan diikuti Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

“Temuan terbaru survei menunjukkan Anies Rasyid Baswedan unggul di kalangan pemilih berpendidikan tinggi (42,2 persen), disusul Ganjar Pranowo (31.8 persen), dan Prabawo Subianto (18.8 persen),” ujar Founder sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangannya, Selasa, 6 Desember 2022.

Menurut Pangi, capres yang mendapat dukungan besar dari segmen ini bakal mendapat banyak keuntungan. Apa lagi, jika mereka turut mempromosikan dukungannya kepada salah satu kandidat tertentu.

“Pengaruhnya tentu akan melipat gandakan dukungan terhadap kandidat dan memperbesar peluang kemenangan,” kata Pangi.

Menurut dia, pemilih dari segmen “berpendidikan tinggi”, sudah punya preferensi politik yang cukup kuat dan memadai dan termasuk kategorisasi pemilih “strong voter”. Pemilih di kategori ini tidak mudah dipengaruhi oleh keluarga, RT, RW dan termasuk “endorse politisi” seperti kepala daerah maupun presiden.

Pangi menjelaskan, dengan bekal pemilih berpendidikan tinggi, Anies Baswedan relatif tidak terlalu kesulitan dalam mempengaruhi perilaku pemilih berpendidikan bawah-menengah dalam konteks memutuskan pilihan politiknya.

“Ketika Anies berhasil signifikan mempengaruhi perilaku pemilih berpendidikan tinggi, boleh jadi Anies akan lebih leluasa ruang geraknya penetrasi mempengaruhi pada segmen zonasi basis pemilih berpendidikan bawah-menengah,” kata Pangi.

Anies belum dapatkan tiket Pilpres 2024

Meski sudah diusung oleh Partai NasDem dan namanya selalu masuk dalam tiga besar capres berelektabilitas tinggi, Anies Baswedan belum mendapatkan tiket untuk berlaga di Pilpres 2024. Sebab, NasDem sampai saat ini belum mendapatkan koalisi sehingga presidential threshold belum dapat terpenuhi.

Adapun Partai Demokrat dan PKS yang disebut akan berkoalisi dengan Partai NasDem, sampai hari ini belum melakukan deklarasi bersama. Meski begitu, tim kecil yang terdiri dari pengurus Partai NasDem, Demokrat, dan PKS sudah beberapa kali mengadakan pertemuan.

Sumber : Tempo.co

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here