Survey : Mayoritas Warga Saudi Pilih Jepang Sebagai Mediator di Timur Tengah dibanding AS

1138

Moslemtoday.com : Survey baru-baru ini yang diselenggarakan oleh YouGov mengungkapkan bahwa mayoritas warga Arab Saudi memilih Jepang sebagai mediator untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina dibandingkan dengan Amerika Serikat. Jepang dipilih karena memiliki posisi paling netral dalam konflik Timur Tengah.

“51 % responden memilih Jepang sebagai mediator di Timur Tengah,” rilis YouGov, seperti dilansir dari Arabnews, Selasa, (21/1/2020).

Mayoritas responden menilai positif tentang hubungan politik antara Arab Saudi dengan Jepang: 38 persen Saudi mendukung, 20 persen netral, 40 persen menjawab positif dan hanya satu persen negatif.

“Karena Jepang secara resmi dipimpin oleh seorang kaisar, warga Saudi mungkin menganggap sistem politiknya dipimpin keluarga kerajaan seperti Arab Saudi,” kata Cyril Widdershoven, direktur VEROCY, sebuah badan konsultan Belanda yang bergerak di bidang investasi, risiko dan peluang infrastruktur di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.

Widdershoven mengatakan bahwa secara umum orang cenderung menilai sistem negara lain melalui lensa struktur budaya, politik dan ekonomi mereka sendiri, dan menganggap mereka identik jika mereka tampak agak mirip dengan mereka sendiri.

“Hubungan ekonomi dan perdagangan dengan negara ini sangat kuat. Ini menghasilkan kecenderungan umum di kalangan orang Arab untuk memandang mereka sebagai kekuatan utama dunia,” kata Widdershoven.

Widdershoven mengharapkan hubungan antara Jepang dan Arab Saudi untuk tumbuh lebih kuat di tahun-tahun mendatang dengan meningkatnya investasi dalam inovasi, keuangan, dan teknologi pertahanan. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here